Olahraga dan Industri Mampu Membangun Optimisme Bersama

:


Oleh Wawan Budiyanto, Minggu, 30 April 2017 | 11:52 WIB - Redaktur: Elvira - 1K


Jakarta, InfoPublik - Plt. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Haris Munandar mengatakan kegiatan olah raga dan kompetisi memenangkan industri di pasar global dapat menumbuhkan rasa optimis serta maju bersama dalam mencapai hasil yang diharapkan.

“Maju bersama olahraga dalam membangun industri. Untuk itu, kami memberikan apresiasi acara yang telah digelar kali kedua ini karena membawa dampak positif dan optimisme bersama,” kata Haris di Jakarta, Sabtu (29/4) saat membuka penyelenggaraan Turnamen Futsal Menperin Cup 2017.

Haris menambahkan, wujud kolaborasi serupa juga terimplementasi dalam program yang tengah gencar digaungkan oleh Kemenperin, yakni pendidikan vokasi industri dengan konsep link and match antara industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

“Program tersebut dikolaborasikan dengan berbagai pemangku kepentingan terkait seperti Kadin, Kemendikbud, Kemenristekdikti, dan Kemenaker,” ujarnya.

Pada 21 April 2017, Kemenperin menggandeng sebanyak 117 perusahaan untuk menandatangani perjanjian kerja sama dengan 389 SMK dalam upaya menjalankan program pendidikan vokasi industri di wilayah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Program ini merupakan kelanjutan dari yang telah diluncurkan di Mojokerto, pada 28 Februari 2017 dengan melibatkan sebanyak 50 perusahaan dan 234 SMK di Jawa Timur. 

“Selanjutnya, kami akan luncurkan lagi secara bertahap, di provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, serta di Sumatera dan wilayah Indonesia lainnya. Target kami untuk menghasilkan tenaga kerja tersertifikasi sebanyak satu juta orang pada tahun 2019,” paparnya.

 Menurut Haris, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu pilar utama dalam Kebijakan Pemerataan Ekonomi yang telah diluncurkan oleh Pemerintah, dengan realisasinya antara lain melalui program pendidikan dan pelatihan vokasi. 

“Langkah tersebut merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK, yang juga untuk menyiapkan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan dunia usaha saat ini,” tegasnya.

“Melalui olahraga ini agar selalu meningkatkan rasa kebersamaan, sportivitas, menjunjung tinggi fairplay, serta memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan,” ucapnya.