UILS Rumah Kita Lakukan Terapi Relaksasi 19 Penyandang Psikotik

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 28 April 2017 | 19:16 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik - Sebagai bagian dari penanganan gangguan kejiwaan di DKI Jakarta, Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) Rumah Kita melakukan terapi relaksasi terhadap 19 orang penyandang psikotik atau gangguan jiwa yang dilakukan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinas Sosial DKI Jakarta Titi Purwanti mengatakan, UILS Rumah Kita merupakan salah satu daycare yang memberikan pelayanan kepada warga sekitar yang memiliki masalah kejiwaan.

“Terapi seperti kemarin itu, penting untuk dilakukan, karena membantu pemulihan mereka. Saat ini orang yang mengalami masalah di DKI cukup tinggi,” kata Titi di Jakarta, Jumat (28/4).

Menurutnya, dengan adanya UILS Rumah Kita yang berada di Tebet, Jakarta Selatan, siapapun warga DKI bisa mengikuti aktivitas yang ada di sana. UILS juga tersebar di lima wilayah DKI Jakarta tidak hanya ada di Jakarta Selatan.

Total di DKI Jakarta, terdapat lima UILS yang masing-masing berada di lima wilayah kota. Mereka yang ikut terdiri dari UILS Tebet di Jakarta Selatan, UILS Koja di Jakarta Utara, UILS Kemayoran di Jakarta Pusat, UILS Meruya di Jakarta Barat, UILS Duren Sawit dan Ciracas di Jakarta Timur.

Disebutkan, dalam terapi tersebut, sebanyak 19 orang penerima manfaat mengikuti games estafet bola-bola pipa. Mereka juga mengunjungi museum zoologi dengan mencatat semua apa yang mereka lihat di dalam museum, dan berkenalan dengan orang baru sesama pengunjung museum.

“Terapi ini selain menyenangkan dan mendapat pengetahuan yang baru, mereka juga berinteraksi dengan orang baru. Membangun komunikasi dengan orang lain. Ini bagus untuk kepulihan mereka,” katanya.

Ia menambahkan, terapi relaksasi ini sebagai sarana hiburan, meningkatkan kerja sama, kekompakan, konsentrasi, kebersamaan, percaya diri, keberanian, kreativitas, inisiatif dan sebagai resosialisasi dengan masyarakat.