Sejumlah Guru di Balangan Tertarik Terapkan Pembelajaran Aplikasi Android

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Jumat, 28 April 2017 | 07:35 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 471


Paringin, InfoPublik - Beragam inovasi terus dilakukan untuk memajukan dunia pendidikan di Balangan, seperti yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Mata Pelajaran (IGMP) Kimia.

Bekerja sama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Balangan dan Rumah Sains Balangan (RSB), pihaknya melakukan terobosan baru di dunia pendidikan Bumi Sanggam, yaitu pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi android.

Pembuatan media pembelajaran sudah disosialisasikan melalui seminar dan pelatihan, yang diadakan Selasa (25/4) di Batumandi, dengan tema mendidik guru mencerdaskan bangsa.

Seminar ini mendatangkan narasumber Master Coach PP IGI Pusat Dahli Ahmad, yang juga merupakan master media pembelajaran.

Dahli mengemukakan  kelebihan-kelebihan  aplikasi android yang dimiliki oleh Samsung Tab A8, serta mempraktikkannya secara langsung dengan mengaplikasikan fitur-fitur tersebut.

"Smart phone ini mempunyai banyak kelebihan  untuk kegiatan pembelajaran, karena menggunakan peralatan yang canggih, efektif dan efisien,” terangnya.

Dengan adanya aplikasi ini kata dia, guru dalam mengajar tidak lagi menggunakan metode konvensional ceramah dalam mengajar, ataupun dengan menggunakan papan tulis dan spidol, bahkan komputer ataupun laptop pun bisa digantikan dengan aplikasi android ini.

Diungkapkannya, jika guru mampu memiliki kemampuan menggunakan aplikasi android, maka tampilan media pembelajaran yang disampaikan akan lebih menarik dan juga diminati oleh siswa.

“Dengan menggunakan teknologi ini, siswa ataupun guru lebih bisa berinovasi terhadap pembelajaran yang disampaikan, karena materi pembelajaran akan bisa langsung terkoneksi ke internet. Sehingga bahan pelajaran itu dengan mudah didapatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Guru Mata Pelajaran (IGMP) Kimia Pusat Zulfa Magdalena mengharapkan, para guru di Balangan semakin membuka diri dan terpacu untuk semakin terampil dalam pembuatan media pembelajaran dan penguasaan IT.

“Tak ada salahnya dan memang sudah seharusnya dunia pendidikan juga memanfaatkan kemajuan teknologi, demi memajukan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Bendahara Umum IGI Pusat Gusti Surian, sangat bersyukur bahwa kegiatan seminar pendidikan dapat terlaksana di Kabupaten Balangan, beliau memberi spirit dan motivasi buat guru-guru Balangan agar bisa meningkatkan terus keahliannya, karena mendidik guru sebenarnya adalah membangun bangsa.

Karena kata dia, dengan menguasai metode membuat media pembelajaran yang baik, guru akan dapat mendidik anak didiknya dengan maksimal.

“Janganlah  hanya menjadi guru yang biasa-biasa saja, jadilah guru yang luar biasa, guru yang menginspirasi, guru yang amanah dan menjadi idola bagi para siswa-siswa," imbuh Gusti.

Norjaidah, salah satu peserta menerangkan, tidak rugi datang jauh dari Awayan, karena ternyata ilmu yang diterima sangat bermanfaat buatnya pribadi dalam mengajar anak didik. (MC Balangan/why/eddy)