Dongkrak Keberadaan Desa Wisata Temanggung

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Kamis, 27 April 2017 | 11:35 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 789


Temanggung, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar festival desa wisata di Kompleks Wisata Religi Makukuhan Kedu belum lama ini. Hal itu bertujuan  untuk mendongkrak  kebaradaan desawisata agar maju dan berkembang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Woro Andijani di kantornya, Kamis (27/4), mengatakan, festival desa wisata diikuti 10 desa wisata dan yang menang nanti akan mewakili Temanggung ikut festival serupa ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Demikian pernyataan itu diutarakannya.Temanggung sebenarnya memiliki desa wisata yang tidak kalah dengan daerah lainnya hanya saja sumber daya manusianya masih minim.

"Kita akan terus tingkatkan dengan berbagai pelatihan serta diajak studi banding mengunjungi Desa Wisata Nglangeran Patuk Gunung Kidul yang telah menjadi juara nasional.

Disebutkan, sebanyak 10 desa wisata yang telah ditetapkan melalui SK Bupati Temanggung itu antara lain, Desa Purbosari Kecamatan Ngadirejo dengan potensi wisata Situs Liyangan, Desa Ngropoh Kecamatan Kranggan dengan potensi wisata Dewi Era Maya kebun durian, Desa Traji Parakan potensi Wisata Tirta Aji Bong Gede.

Lalu Desa Pager Gunung Bulu dengan Wisata alam Cepangnya, Desa Soropadan Pringsurat dengan potensi wisata Sepuser Bumi, Desa Menggoro Tembarak dengan potensi wisata religi Masjid Wali dan makam Kiai Pahing.

Desa Tawangsari Kecamatan Wonoboyo potensi wisata alam Curug Surodipo, Desa/Kecamatan Kedu desa Wisata religi budaya Ki Ageng Makukuhan, dan Desa Wisata Tlahab, Kecamatan Kledung dengan potensi Wisata alam Posong.

Kreteria penilaian  dalam festival mengenai potensi setiap desa. Setiap desa juga menampilkan kesenian, produk UMKM, yel-yel dan kulinernya. Di setiap desa di Temanggung ternyata memiliki keunikan masing-masing, seperti Purbosari dengan Situs Mataram Kuno Liyangan, Tlahab dengan wisata alam Posong di mana dari kawasan ini dapat dinikmati pemandangan delapan puncak gunung di Jateng-DIY, serta keunikan dan potensi desa-desa lainnya yang tidak kalah menarik . (MC Tmg/Ara/Hms17/Edy Laks/Eyv)