HKG PKK Ke- 45 Tahun 2017, Wahana Wujudkan Akselerasi Program PKK

:


Oleh MC Kab. Sumbawa, Kamis, 27 April 2017 | 11:47 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 1K


Sumbawa Besar, InfoPublik-Nusa Tenggara Barat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK KE 45 Tahun 2017, TP PKK Kabupaten Sumbawa menggelar resepsi peringatan HKG PKK dan Rakor TP PKK Tingkat Kabupaten Sumbawa di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa, Rabu (26/4).

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sumbawa, para Camat, para Kepala OPD, para Ketua TP PKK Kecamatan beserta jajarannya, ibu-ibu Persit Chandra Kirana, Ibu – ibu Adhiyaksa Dharmakarini, dan ibu – ibu Dharma Yukti Karini.

Zulzilawati Syamsul Fikri selaku panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa HKG PKK Ke 45 Tahun 2017 mengangkat tema “Dengan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 45 kita lakukan akselerasi program-porgam PKK untuk mewujudkan visi dan misi gerakan PKK”.

Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Sekretariat PKK yaitu pembinaan tertib administrasi PKK, lomba tertib administrasi PKK tingkat Kab. Sumbawa, pembinaan kelompok-kelompok PKK dari tingkat dusun hingga tingkat dasa wisma. Pokja I telah melaksanakan penyuluhan KDRT, pola asuh anak, narkoba dan pendewasaan usia perkawinan, Pembinaan kelompok PKBN, pola asuh anak simulasi PPO (trafiicking) dan kelompok-kelompok majelis taklim, melaksanakan pengajian akbar PKK, melaksanakan program gotong royong lainnya, melaksanakan lomba PKDRT Tingkat Kabupaten.

Pokja II telah melaksanakan kegiatan pembinaan antara lain kelompok BKB, kelompok Paud dan kelompok UP2K-PKK, pelatihan, keterampilan yang mendukung UP2K-PKK di desa  yang akan mengikuti lomba-lomba tingkat provinsi, mengikuti   pameran    hasil-hasil   kelompok-kelompok UP2K-PKK dalam rangka    Festival    Moyo   dan   momen-momen lainnya baik  di  tingkat  kabupaten  maupun  provinsi, dan melaksanakan lomba kelompok-kelompok UP2K-PKK tingkat kabupaten. Pokja III telah melaksanakan prmbinaan dan penyuluhan antara lain bidang  pangan untuk  mewujudkan   ketahanan    dan   penganeka ragaman pangan  masyarakat  dan  hatinya.

PKK   termasuk sosialisasi    B2SA   dan gemarikan, lomba hatinya PKK, bidang sandang melaksanakan pembinaan industri pengrajin tenun tradisional, bidang perumahan dan tata laksana rumah tangga, yaitu melaksanakan  penyuluhan rumah sehat dan layak huni, dan lomba rumah sehat. Pokja IV melaksanakan kegiatan-kegiatan antara lain sosialisasi kelas ibu gizi, penyuluhan 1000 hari pertama kehidupan, pembinaan usaha sekolah sehat, pembinaan desa lomba PHBS, pembinaan Posyandu, dan lain sebagainya.

Wakil Ketua PKK Kabupaten Sumbawa Sofia Novryanti Rayes Mahmud Abdullah membacakan sambutan Ketua TP PKK Pusat dr. Erni Guntarti Cahyo Kumolo diantaranya menyampaikan bahwa hingga saat ini Gerakan PKK telah berkiprah di bumi Pertiwi selama 45 tahun. Ibarat usia manusia masuk usia produktif yaitu suatu usia yang semangat penuh energi. Usia inilah yang perlu kita gelorakan dalam pengabdian selaku unsur TP PKK sampai kapanpun," kata Ketua PKK Pusat.

Sedangkan tema peringatan kali ini Dengan HKG ke-45 Tahun 2017 Kita Lakukan Akselerasi Program-program PKK Untuk Wujudkan Visi dan Misi Gerak PKK". Hal ini mengandung makna, bahwa melalui momentum Peringatan HKG PKK ini diharapkan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi atau percepatan program-program PKK

Selama ini, tambah dr. Erni Guntarti kita hanya melaksanakan 10 program pokok PKK secara normative, bahkan merupakan rutinitas saja. Padahal saat ini perkembangan pemerintah dan masyarakat sangat pesat serta bervariatif.

Untuk mengimbangi hal tersebut kami mengajak semua jajaran TP PKK untuk betul-betul bisa melaksanakn 10 program Pokok PKK itu yang didalamnya ada pogram prioritas, program unggulan atau bahkan program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan pemerintah daerah.

"Sudah saatnya kita juga perlu mengimbangi prinsip kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan program-programnya, yakni kerja, kerja dan kerja meskipun kita perlu menyesuaikan dalam skala Gerakan PKK," katanya.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyerahkan hadiah secara simbolis bagi pemenang lomba dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK Ke 45 Tahun 2017 Juara I Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Kabupaten yang diraih oleh Desa Boal Kecamatan Empang, juara III Lomba Tertib Administrasi PKK Tingkat Provinsi NTB yang diraih oleh Desa Boal Kecamatan Empang, Juara I lomba Penanganan KDRT Tingkat Kabupaten yang diraih oleh Bastianto dari Dusun Batu Nisung Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badas, juara III Lomba Penanganan KDRT Tingkat Provinsi NTB yang diraih oleh Bastianto dari Dusun Batu Nisung,

Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas, Juara I Lomba UP2K Tingkat Kabupaten dan juara harapan I Lomba UP2K Tingkat Provinsi yang diraih oleh UP2K Dusun Limung, Desa Pungkit, Kecamatan Moyo Utara, juara I lomba Klp. BKB Tingkat kabupaten yang diraih oleh Klp. BKB Alamanda, Desa Luar, Kecamatan Alas, juara I Lomba Hatinya PKK Tingkat Kabupaten yang diraih oleh TP PKK Desa Pungka, Kecamatan Unter Iwes, juara I Lomba Rumah Sehat Tingkat Kabupaten yang diraih oleh Mulyana Hasyim,

Desa Pungka, Kecamatan Unter Iwes, juara I Lomba Adm. Kelompok PKK Tingkat Kabupaten yang diraih oleh Desa Boal, Kecamatan Empang, juara harapan I Lomba PHBS Tingkat Provinsi yang diraih oleh Desa Pungka Kecamatan Unter Iwes, dan juara harapan I Lomba makan serba ikan Tingkat Provinsi NTB diraih oleh GOW Kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan walaupun sasaran PKK adalah keluarga, khususnya ibu rumah tangga, namun kaum perempuan sebagai sosok sentral dalam keluarga, tidak hanya mengurus soal kehidupan rumah tangga dan mengasuh anak saja. Bahkan juga banyak diantaranya membantu suami bekerja, serta berusaha menambah pendapatan keluarga dengan berjualan. Begitu besarnya peran dari Tim Penggerak PKK dalam mensukseskan pelaksanaan 10 program pokok PKK,

"Walaupun anggota Tim Penggerak PKK merupakan para relawan, yang tidak menerima gaji, baik perempuan maupun laki-laki, yang menyediakan sebagian dari waktunya untuk PKK. “terima kasih yang tiada terhingga kepada segenap Tim Penggerak PKK dari Tingkat Kabupaten hingga tingkat desa atas segala darma bakti yang telah diberikan dalam mendorong peningkatan kesejahteraan keluarga di daerah ini”, ungkap Wabup.

“Saya optimis dengan didasari oleh semangat dan keinginan untuk berbuat lebih baik dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan keluarga, segenap Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa akan mampu mengemban tugas yang mulia ini. Selamat berkarya, mudah-mudahan Allah SWT selalu memberikan karunia dan hidayah-nya kepada kita sekalian”, harapnya. (ra/mckabsumbawa)