Hadapi MEA,Pekan Seni Pelajar Diminta Terus Pelihara Warisan Budaya

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 27 April 2017 | 09:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 250


Surabaya, InfoPublik - Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifulah Yusuf meminta kepada pelajar di Jatim untuk terus memelihara warisan budaya dikelola dengan baik.

Caranya, melalui pekan seni pelajar untuk terus mengeluarkan inovasi berupa seni dan budaya, sehingga bisa dijadikan modal dalam menghadapi era globalisasi yang kian maju pesat.

"Kita mempunyai banyak warisan seni, mudah-mudahan adik-adik bisa meneruskan, memelihara, lalu memberikan inovasi-inovasi sehingga kekayaan Indonesia berupa seni dan budaya bisa kita kelola dengan baik dan tentunya menjadi modal kita menghadapi era globalisasi," ujar Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim Saifulah Yusuf, pada acara Pekan Seni Pelajar Provinsi Jawa Timur 2017, bertema Dengan Keragaman Seni Budaya Kita Perkokoh Ketahanan, Persatuan dan Kesatuan Bangsa, di GOR Joyoboyo Kota Kediri, Rabu (25/4).

Dia menuturkan, untuk pelajar yang ingin menjadi pemimpin bangsa di masa depan sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. "Adik-adiklah yang akan menjadi pemimpin-pemimpin yang masa mendatang, mungkin ada yang menjadi pemimpin di tingkat nasional, di tingkat Regional, di kabupaten kota mungkin di desa masing-masing. Untuk itu persiapkan diri dengan baik, pekan seni ini adalah bagian adik-adik untuk memimpin Indonesia di masa depan," paparnya.

Gus Ipul berharap pelajar bisa memberikan sesuatu yang tidak hanya untuk dinikmati oleh diri sendiri, akan tetapi bisa dinikmati orang lain. "Adik-adik yang saya hormati dan saya cintai, khususnya para pelajar pekan seni ini melengkapi berbagai kompetisi di berbagai bidang yg sudah diselenggarakan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur maupun kabupaten kota," terangnya.

Di pilihnya sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pekan Seni Pelajar Provinsi  Jawa Timur tahun 2017 dengan beberapa pertimbangan. Antara lain, adanya dukungan dan persiapan dari pemerintah setempat, persediaan sarana dan prasarana sebagai pendukung, serta keputusan yang di berikan oleh Bapak Gubernur.

Kepala Dinas Pariwisata Jatim, Jarianto mengatakan, tema kegiatan ini dengan keragaman seni budaya kita perkokok pertahanan persatuan dan kesatuan bangsa, moto kegiatan ini adalah generasi muda indonesia adalah generasi yang kreatif dan inovatif berprestasi tangguh berbudaya cinta tanah air.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan pemahaman wawasan tentang nilai-nilai luhur serta sejarah budaya bangsa indonesia terhadap generasi muda. Sedangkan, untuk materi Pekan Seni Pelajar antara lain lomba pawai seni budaya. yang kedua lomba seni kategori usia 7 sampai 12 tahun antara lain seni lukis, seni teater tradisional, seni tamproh, seni tari, seni musik tradisi, seni paduan suara, seni tata puisi.

Untuk lomba kategori usia 13 sampai 15 tahun meliputi seni lukis, seni tato, seni teater tradisi, seni tamproh, seni tari, seni musik tradisi, seni paduan suara serta cipta dan tata puisi. Sementara untuk kategori usia 16 sampai 18 tahun meliputi seni patung, seni teater tradisi, seni musik Islami, seni tari, seni musik tradisi, seni paduan suara, seni musikal tata puisi. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-ris/eyv)