Pengelola Media Center Diberi Pemahaman Tentang Jurnalisme Online

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Kamis, 27 April 2017 | 09:33 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 520


Mataram, InfoPublik-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatkan kompetensi Petugas Pengelola Media Center Daerah tahun 2017.

Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan di Hotel Santika Kota Mataram, Povinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selama tiga hari dari tanggal 26-28 April 2017 itu, diikuti sebanyak 52 daerah di wilayah Indoensia Timur yang berkontribusi aktif dan kurang berkontribusi aktif terhadap berita dan foto di portal berita InfoPublik Kemenkominfo RI.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Kasubdit Media Online, Nurlaili mengatakan lewat pelaksanaan Bimtek ini, diharapkan para pengelola Media Center Daerah memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam mengolah data dan informasi yang disajikan dalam bentuk berita dan foto dengan menerapkan prinsip jurnalisme online.

“Informasi dalam bentuk berita tersebut tidak hanya disajikan yang penting saja melainkan juga memiliki unsur menarik dan memancing rasa ingin tahu publik,”katanya pada pembukaan Bimtek peningkatkan kompetensi Petugas Pengelola Media Center Daerah tahun 2017, Rabu Malam,(26/4).

Ditambahkan Nurlaili, diseminasi informasi melalu kanal media online (website) dan media sosial juga penting agar memenuhi keingintahuan dan meningkatkan wawasan publik.

Sementara itu, Nurlaili menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakan Bimtek tersebut, diantaranya untuk meningkatkan pemahaman pengelola Media Center Daerah tentang jurnalisme online, serta tugas dan fungsi Media Center.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan menulis berita dan foto untuk media online sesuai dengan kaidah jurnalisme online, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita dan foto pada website InfoPublik, Kemenkominfo RI. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/Eyv)