Perusahaan Angkutan Semen Conch Janji Ganti Median Jalan Rusak

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Rabu, 26 April 2017 | 22:00 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 747


Paringin, InfoPublik- Sejak armada angkutan semen PT Conch South Kalimantan Cement mengaspal di ruas jalan negara di Kabupaten Balangan, bukan hanya menimbulkan lubang di sana-sini, tapi juga beberapa median (pembatas jalan) rusak akibat tersenggol truk berbadan jumbo yang lalu lalang tiap hari tersebut.

Sering kali kerusakan pembatas jalan milik Pemkab Balangan, ditinggal begitu saja tanpa adanya pergantian. Terkait kondisi ini, perwakilan asosiasi perusahaan armada angkutan semen asal negeri Tiongkok, Ruli Ananda mengakui jika hal itu tidak sepenuhnya benar.

Menurut Ruli, jika ada kerusakan fasilitas jalan seperti trotoar dan pembatas jalan milik pemerintah daerah, pihaknya siap bertanggung jawab.

“Kami sudah dua kali melakukan perbaikan trotoar jalan yang rusak akibat tersenggol armada angkutan semen. Tapi tentu semuanya harus dikoordinasikan lebih dahulu antara pemerintah daerah sebagai pemilik aset dengan kami, selaku perusahaan angkutan, agar jangan sampai ada keselah pahaman,’’ ujar Ruli Ananda dalam jumpa pers di Paringin, Selasa (25/4).

Apalagi, menurut Ketua Dewan Adat Dayak Tabalong ini, selama ini banyak juga armada besar yang melintas di jalan, jangan sampai kesalahan armada lain justru ditimpakan kepada truk-truk pengangkut semen.

Terkait seringnya sopir truk pengangkut semen melanggar aturan lalu lintas seperti melawan arus, Ruli mengakui hal itu. Ia memastikan perusahaan armada angkutan semen selama ini sudah melakukan pembinaan terhadap para sopir sesuai prosedur yang berlaku.

“Selain pembinaan, kami juga memberikan tindakan tegas mulai dari surat peringatan hingga pemecatan. Khusus di perusahaan tempat saya bernaung sudah sudah ada dua orang sopir yang telah dipecat, karena melanggar aturan di perusahaan. Khusus pelanggaran dijalan raya, silahkan pihak aparat kepolisian menindaknya, kami tidak akan membela sopir yang salah,’’ tuturnya.(MCBalangan/Sugi/Eddy/Eyv)