BPBD Kabupaten Temanggung Gelar Apel 1600 Orang Relawan Bencana

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Rabu, 26 April 2017 | 21:55 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 951


Temanggung, InfoPublik-Rabu Pagi, (26/4) di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Temanggung dipenuhi para relawan bencana untuk melakukan apel bersama. Peserta yang menghadiri apel diantaranya dari TNI, Polres Temanggung, Senkom Mitra Polri, Banser, BNPB, PMI, kelompok relawan serta para pelajar Kabupaten Temanggung.

Selain itu juga ada beberapa kelompok relawan yang hadir untuk mengikuti apel bersama dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2017.Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional dengan tema Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana dipimpin langsung oleh Bupati Temanggung, Bambang Sukarno dan ditandai dengan membunyikan sirine tanda bahaya.

“BPBD bersama seluruh DPD, Dunia Usaha dan Organisasi Non Pemerintah/Relawan mengadakan kegiatan pendahuluan Latihan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana serentak dengan memastikan tersampainya edukasi pengetahuan secara garis besar kepada masyarakat tentang bagaimana merespon bencana melalui latihan kesiapsiagaan dengan melaksanakan evakuasi mandiri, uji sirine peringatan dini, dan uji shelter yang sesuai ancaman masing-masing daerah” ujar Bupati Temanggung, Bambang Sukarno dalam amanahnya.

Bambang Sukarno juga mengajak masyarakat Kabupaten Temanggung untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat dan pemangku kepentingan dalam menghadapi resiko bencana, meningkatkan partisipasi dan membangun budaya gotong royong, kerelawanan serta kedermawaan para pemangku kepentingan di daerah, serta mengetahui capaian tingkatan kesiapsiagaan masyarakat baik di Tingkat Kabupaten, Kecamatan maupun Desa dalam menghadapi ancaman bencana. (MC TMG/ceye/eyv)