Direktorat PMP Kemenkominfo Gelar Bimtek MC Wilayah Timur

:


Oleh Yudi Rahmat, Rabu, 26 April 2017 | 21:14 WIB - Redaktur: Juli - 785


Mataram, Infopublik - Direktorat Pengelolaan Media Publik (PMP) Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bimtek) Peningkatan Kompetensi Media Center (MC) Daerah di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang berlangsung pada 26-29 April 2017.

Pembukaan bimtek diwakili Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi NTB Tri Budi Prayitno, dan menyambut baik kegiatan bimtek ini.

Menurutnya, selain menjadi studi ilmu juga bisa menjadi paket studi kuliner dan studi shoping yang ada di NTB. Berbagai macam kuliner khas mataram bisa dimanfaatkan peserta bimtek.

Ia juga menjelaskan dua pengertian informasi pertama mengajak berbuat baik, kedua menghentikan keburukan dan mendapatkan peradaban dan akhlak.

"Kami berharap bimtek ini dan ilmunya dapat memberikan informasi yang arif buat masyarakat," kata Tri Budi Prayitno saat membuka acara.

Sementara itu, Kasubdit Media Online Nurlaily selaku Ketua Penyelenggara mengatakan, kegiatan bimtek ini bertujuan meningkatkan pemahaman Pengelola Media Center Daerah tentang tugas dan fungsi media center, meningkatkan kemampuan menulis berita dan foto untuk media online sesuai dengan kaidah jurnalisme online, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita dan foto pada website Infopublik.id.

"Kegiatan bimtek bagi pengelola MC daerah di tahun 2017 ini merupakan yang ketiga. Sebelumnya dilakukan di Tangerang dan Palembang," kata Nurlaily.

Ia menjelaskan, kegiatan bimtek kali ini mengusung Jurnalisme Online dengan 52 peserta pengelola Media Center wilayah timur yang terdiri dari 47 daerah yang berkontribusi aktif terhadap berita dan foto di infopublik.id.

Kemudian lanjutnya, tiga daerah yang kurang berkontribusi aktif terhadap berita dan foto dan dua daerah belum mendapat bantuan media center tapi sudah berkontribusi aktif terhadap berita dan foto di infopublik.id. "Para peserta ini adalah para pengolah media center daerah di wilayah Timur," ujarnya.

Ia berharap dengan bimbingan dari praktisi media online, bimtek ini dapat meningkatkan kompetensi pengelola media center dalam menyajikan berita-berita pemerintahan yang memenuhi kaidah jurnalistik online.

Selain itu, kontributor MC daerah dapat memanfaatkan media sosial untuk viralisasi berita dan foto infopublik, sehingga diseminasi informasi dan kebijakan publik tercapai demi mewujudkan masyarakat informasi Indonesia.

Bimtek tersebut menghadirkan para narsum Direktur PMP Sunaryo, Kepala Divisi Arsitek dan foto Media Indonesia Haryanto, Asisten Kepala Divisi Pemberitaan Media Victor Nababan, Asisten Kepala Divisi Konten Enrichment Media Indonesia Sabam Sinaga, Redaktur Nusantara Infopublik.id Toebari, dan Redaktur Foto Infopublik.id Agus Budiawan.