Tingkatkan Sumber Daya Manusia Melalui Pemerataan Pendidikan

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Senin, 24 April 2017 | 06:10 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 259


Paringin, InfoPublik-Pemerintah Kabupaten Balangan terus membangun sejumlah fasilitas pendidikan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat.

Fasilitas pendidikan tidak hanya dibangun di wilayah perkotaan, namun hingga daerah terpencil seperti di wilayah pegunungan Meratus Kecamatan Halong dan Tebing Tinggi.

Saat memasuki usia ke 14 tahun, (8 April 2003 - 8 April 2017), tercatat jumlah fasilitas pendidikan pada sekolah taman pendidikan (TK) sederajat sebanyak 89 sekolah, Sekolah Dasar (SD) Sederajat 172 sekolah, SLTP 23 sekolah, dan SLTA 10 sekolah, dengan jumlah tenaga pendidik untuk TK 269 pengajar, SD 1.488 tenaga pengajar, SLTP 314 pengajar, dan SLTA 211 pengajar.

Bukan hanya penunjang terhadap pendidikan dasar yaitu SD hingga SLTA, namun Pemerintah Kabupaten Balangan, melalui kebijakan visi dan misi Bupati Balangan, H Ansharuddin dan Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah, para siswa berprestasi juga mendapatkan beasiswa untuk keperguruan tinggi.

"Beasiswa diberikan kepada para siswa yang memiliki prestasi, baik di bidang pelajaran, maupun bidang olahraga serta bidang lainnya yang mampu mengharumkan nama kabupaten balangan, selain itu beasiswa juga tidak hanya untuk mahasiswa di dalam negeri, tetapi juga bagi para mahasiswa di luar negeri," terang Bupati Balangan.

Bukan hanya itu, pemerintah daerah juga membangun sejumlah asrama untuk mempermudah silaturahmi para mahasiswa serta sebagai tempat tinggal para mahasiswa selama menuntut ilmu di perguruan tinggi.

Hingga kini terdapat beberapa asrama mahasiswa Balangan, diantaranya di Kota Banjarbaru dan Banjarmasin, Kalsel, kemudian di Kota Malang, Jawa Timur, serta di kota Yogyakarta.

Berkat komitmen dalam membangun melalui jalur pendidikan inilah, Pemerintah Kabupaten Balangan kini berhasil menurunkan angka buta huruf, yakni kurang dari 2,5 persen.

Kemudian angka putus sekolah kurang dari 100 siswa pertahunnya, dibandingkan kabupaten lain di Kalsel yang mencapai 300 - 500 siswa pertahun.(MC Balangan/Roly/Eddy/Eyv)