Rekonsiliasi Penting Dilakukan Pasca Pilkada DKI Jakarta

:


Oleh Tri Antoro, Sabtu, 22 April 2017 | 20:50 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 4K


Jakarta, InfoPublik - Anggota Komisi III DPR RI Masinton Pasaribu berharap kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022 Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dapat melebihi kinerja Gubernur sebelumnya.

"Saya yakin bisa dikerjakan di Jakarta dan harus mampu lebih hebat lagi dari Basuki," ujar Masinton Pasaribu di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (22/4).

Masinton menyarankan, berbagai hal telah dilakukan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya yang berdampak positif kepada kehidupan masyarakat sebaiknya diteruskan. Dari mulai mengamankan APBD Ibukota yang mencapai Rp70 triliun, mengikis sentimen primordial yang pada saat Pilkada yang tensinya mulai memanas, kemudian menerapkan bhineka tunggal ika sebagai perekat bangsa. 

Tak lupa, program-program kesejahteraan masyarakat seperti DP 0 rupiah, KJP, dan sistem transportasi kemanapun Rp 5 ribu dapat segera diwujudkan pada masa pemerintahan lima tahun mendatang. "Ini yang harus dilanjutkan rumah dp 0 rupiah kita harapkan bisa terealisasi selama lima tahun," kata Masinton. 

Menanggapi hal itu, Pakar Kebijakan Publik Haryyadin Mahardika meminta kedua pendukung yang berasal dari berbagai kalangan, pasca penetapan KPU segera melakukan rekonsiliasi. Supaya, pembangunan Jakarta lima tahun kedepan dapat dilakukan dan mempunyai pengaruh positif bagi penduduk Ibukota. 

"Membangun Jakarta melalui sebuah gerakan rekonsiliasi itu harus dilakukan terlebih dahulu, karena saat ini partisipasi publik itu masih parsial," kata Harryadin. 

Pergantian Gubernur dan Wakil Gubernur baru, lanjut Harryadin, diharapkan mampu dimanfaatkan untuk menyatukan seluruh komponen warga didalamnya untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam membangun Jakarta menjadi lebih baik lagi. "Ini menjadi kesempatan Pak Anies memberikan warna bagi Jakarta," imbuhnya. 

Dia meyakini, apabila ada dukungan dari masyarakat, pembangunan DKI Jakarta akan memperoleh hasil positif. Karena pembangunan yang akan dilakukan dari mulai gerakan masyarakat bawah, sehingga sesuai dengan kebutuhan masyarakat.     

"Kalau melihat kombinasi anies dan sandi optimis. Satu-satunya ini akan menjadi gerakan partisipasi publik diperkuat, mudah-mudahan sesuai yang dibutuhkan masyarakat," pungkasnya.