Potensi Blue Economy Penunjang Kemajuan Ekonomi Indonesia

:


Oleh MC Kota Bandung, Sabtu, 22 April 2017 | 06:41 WIB - Redaktur: Tobari - 470


Bandung, InfoPublik - Walikota Bandung M Ridwan Kamil membuka sekaligus memberikan sambutan pada acara seminar nasional IORA Financing Blue Economy di Hotel Hilton, Kamis (20/4), dan di sela sambutannya Ridwan Kamil menyampaikan beberapa syarat kemajuan yang akan diraih Indonesia jika memenuhi beberapa hal.

“Di antaranya, Indonesia itu  akan menjadi negara hebat tahun 2045 ke depan jika defisit ekonomi tidak turun dari 5 %,” kata Emil, sapaan akrab walikota.

Ditambahkan olehnya demografi serta komptetitifnya  anak muda dalam menunjang kemajuan ekonomi juga menjadi syarat kemajuan ekonomi Indonesia. Bonus demografi anak muda yang komptetitif serta tidak adanya krisis krisis sosial  politik.

Emil kemudian menjelaskan Blue Economy atau ekonomi kelautan seharusnya dapat menjadi prioritas penyumbang kemajuan ekonomi, karena inodesia merupakan negara maritim yang punya kekayaan di bidang kelautan dan perinakanan. “Potensi blue economy ini sangat banyak, selama ini kan dinomor-sekiankan,” jelasnya. 

Pariwisata, transportasi, perikanan, serta berbagai potensi lainya bisa menjadi penyumbang kekayaan jika budaya masyarakat Indonesia yang selama ini justru bergeser ke budaya darat  

“Indonesia ini merupakan negara yang luar biasa,  kita orang indonesia ini terlalu bergeser ke budaya hidup darat, budaya hidup di laut seolah menjadi asing bagi kita,” katanya. (MC Bandung/toeb)