BPJS Kesehatan Buka Lokasi Pendaftaran Di WTC Surabaya

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 19 April 2017 | 12:48 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 809


Surabaya, InfoPublik – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka lokasi pendaftaran di World Trade Center (WTC) Surabaya.Langkah ini memberi kemudahan pada masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Surabaya, Mokhamad Cucu Zakaria mengatakan, aksi jemput bola merupakan salah satu dari berbagai terobosan BPJS Kesehatan. Kini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor BPJS untuk mendaftar dan terbebas dari antrean. “Setelah melakukan kerjasama dengan PT Lippo Karawaci Tbk dan telah melaunching pendaftaran JKN-KIS di Mall City of Tomorrow Surabaya pada 1 April 2017, kini kami juga hadir di World Trade Center (WTC) Surabaya mulai 17 April sampai dengan 23 April 2017,” tutur Cucu, Rabu (19/4).

Ia menjelaskan, stan pendaftaran JKN-KIS di WTC Surabaya menyasar Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri. Diharapkan upaya menjangkau kepesertaan JKN-KIS bisa bertambah seiring dengan mudahnya proses pendaftaran. “Stan JKN KIS di WTC tepatnya berada di galeri lantai 2 dan beroperasi dari jam 10.00 WIB s/d 21.00 WIB. Disana setiap harinya petugas kami akan membantu proses pendaftaran peserta dengan menggunakan sistem Dropbox,” ungkap Cucu.

Adapun beberapa persyaratan yang harus dibawa oleh calon peserta JKN-KIS diantaranya fotocopy elektronik KTP (e-KTP) dan kartu keluarga, mengisi Daftar Isian Peserta (DIP) secara lengkap, fotocopy halaman pertama buku rekening (BNI, BRI, Mandiri atau BTN), dan foto 3x4. Selanjutnya calon peserta tinggal menunggu pemberitahuan nomor virtual account (VA) melalui SMS.

Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. BPJS Kesehatan akan melakukan pengecekkan pada aplikasi kepesertaan yang akan menampilkan daftar peserta yang sudah melakukan pembayaran iuran pertama. Apabila peserta telah melakukan pembayaran iuran pertama, BPJS Kesehatan akan mencetak dan mengirimkan kartu JKN-KIS ke alamat peserta.

Bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS akan difasilitasi melalui perluasan kanal-kanal pendaftaran yang ada diantaranya pendaftaran melalui Care Center 1500-400 (khusus calon peserta dan keluarga yang belum pernah terdaftar sebelumnya) dan melalui berbagai Point of Service (POS) public area seperti Mall, Bank, Kelurahan dan Kecamatan. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-luk/eyv)