Pramuka SMP Diminta Menjadi Pelopor Santun Berkomunikasi

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Rabu, 19 April 2017 | 10:29 WIB - Redaktur: Tobari - 521


Blora, InfoPublik -  Calon Anggota Pramuka Penggalang Garuda siswa SMPN 2 Blora menempuh ujian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora.

Mereka diterima Kepala Diskominfo Drs. Sugiyono, MSi, melalui Kepala Bidang Statistik, Persandian dan Telekomunikasi M. Suparna, S.Pd dan Kepala Seksi (Kasi) Persandian Dra. Merry Djatminingsih, M.Si, di kantor setempat, Selasa (18/4).

Selama lebih kurang 30 menit mereka ditanya beberapa hal terkait sistem telekomukasi yang diketahui, tata cara menyampaikan berita, informasi (jurnalistik), praktek menelepon dan semaphore.  Selain itu mereka mendapatkan penjelasan bagaimana teknik menyampaikan berita.

“Kami mengapresiasi keberanian anak-anak, ternyata rasa keingintahuan mereka terkait  telekomunikasi dan persandian sangat bagus. Kami jelaskan seperti teknik menyampaikan berita, di antaranya harus menggunakan salam, bahasa dan tujuan yang jelas,” kata Kepala Seksi Persandian Merry Djatminingsih.

Satu regu siswa anggota Pramuka itu juga diminta hati-hati dalam menerima informasi melalui pesan singkat di ponsel yang kurang bisa dipertanggungjawabkan. Kami imbau juga anak-anak untuk hati-hati menanggapi informasi melalui sosial media.

Yang lebih menarik, mereka dipesan menjadi contoh yang santun dan baik dalam berkomunikasi menggunakan telepon atau di sosial media.

Kami pesankan pada anak-anak, agar menjadi contoh yang santun dalam berkomunikasi. Harus santun berkomunikasi kepada orang yang lebih tua atau guru baik di dalam atau di luar sekolah.     

Setelah diuji materi SKK, para siswa itu diajak mengunjungi media center Dikominfo dan dikenalkan kepada sejumlah wartawan media cetak yang sedang beraktifitas.

“Saya suka dan berkesan menempuh SKK di Dinkominfo. Ini baru pertama kali danitu disyaratkan oleh Kakak pembina kami,” Febria Indah Sari, seorang siswa SMPN 2 Blora Kelas 8.    

Nama anggota regu Pramuka siswa kelas 8 SMPN 2 Blora yang menempuh SKK di Dikominfo yaitu Alfiana Fitri Utami Jaswah, Sherli Rahmawati, Febria Indah Sari, Rossa Amelia Purwanto, Novita Fitriani, Ahmad Ali Ma’ruf dan Izza Laila Nur R. (MC Kab. Blora/Teguh/toeb).