Mewariskan Semangat Gemar Membaca Melalui Lomba Bercerita

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Rabu, 19 April 2017 | 05:05 WIB - Redaktur: Tobari - 581


Bengkulu, InfoPublik - Pemerintah Kota Bengkulu, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, menggelar lomba bercerita tingkat SD/MI se- Kota Bengkulu. Lomba tersebut digelar di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu, Selasa (18/4) pagi.

Dengan mengusung tema "Dengan Lomba Bercerita Kita Tumbuhkan Semangat Gemar Membaca", Pemerintah Kota berniat mewariskan semangat gemar membaca pada generasi muda sejak dini.

Selain itu, lomba bercerita ini juga bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan asli daerah Bengkulu agar kelak bisa diajarkan turun temurun kepada anak cucu. 

"Nanti saya berharap anak-anak yang ikuti lomba dapat menceritakan warisan budaya dan mengangkat nama Bengkulu,” kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Bengkulu Toni Elfian, dalam sambutannya.

Karena dari anak-anak yang menang tingkat Kota Bengkulu ini akan dilombakan lagi pada tingkat provinsi dan kalau menang lagi akan dilombakan ke tingkat nasional.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bengkulu Mukhlis menyebut lomba bercerita merupakan upaya menumbuh-kembangkan kecintaan anak pada budaya nusantara dan kegemaran membaca melalui beragam bacaan guna menanamkan cinta kebudayaan bangsa, persatuan, dan kesatuan. 

Membaca merupakan unsur yang sangat penting dalam pendidikan, baik itu formal ataupun non formal harus tetap dijaga dan ditingkatkan keberadaannya melalui berbagai upaya pembinaan dan pengembangan kegemaran membaca.

“Hal ini, lebih indah ditanamkan pada anak sedini mungkin pada siswa SD/MI dapat ditumbuh-kembangkan di sekolah dengan mengoptimalkan potensi sumber daya perpustakaan sekolah dan perpustakaan daerah Kota Bengkulu," jelas Mukhlis.

Sesuai agenda, pelaksanaan lomba bercerita akan dilaksanakan selama 2 hari ke depan yakni 18-19 April. Untuk Juri lomba berasal dari dewan guru SDN 88 Kota Bengkulu, Guru TK Witri 1 Kota Bengkulu dan Praktisi Seni. (MC Kota Bengkulu/Ernel/Budiman/toeb)