Angkasa Pura II Akan Berikan Edukasi Tentang KKOP Untuk Murid TK dan SD

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Selasa, 18 April 2017 | 14:25 WIB - Redaktur: Kusnadi - 1K


KubuRaya, InfoPublik - Manager Operasi dan Servis Bandara Internasional Supadio Pontianak Zulbrito Radikal  mengatakan, PT Angkasa Pura II (Persero) mengimbau masyarakat agar menaati peraturan Kawasan Keselamatan Operasional (KKOP) untuk kawasan bandara dan sekitarnya.   

“Untuk mengimplementasikan peraturan tersebut kita sudah berupaya dengan memasang baleho atau pamvlet untuk diketahui masyarakat. Selain itu Peraturan daerah Kubu Raya juga sudah mengatur hal tersebut,” ucap, Zulbrito di ruang kerjanya, Senin (17/4)

Menurutnya, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang KKOP pihaknya berharap masyarakat sadar tentang jalur bebas halangan untuk pernerbangan, seperti  peristiwa masuknya layang-layang  ke baling pesawat.

“Selain itu, kami juga akan mengundang para guru dan murid Taman Kanak-kanak dan sekolah dasar untuk memberikan bacaan berupa tabloid atau komik yang isinya juga tentang bahaya bermain layang-layang di KKOP. Hal lainnya juga mengenalkan para murid TK dan SD tentang penerbangan pesawat,” katanya

Dengan edukasi berupa gambar-gambar komik untuk tingkat TK dan SD, kata Julbrito, lebih menyadarkan masyarakat tentang bahaya layang-layang di KKOP.

Hal ini, lanjutnya, tentunya harus dibangun dari sejak awal, sebab pemahaman KKOP untuk orang yang sudah dewasa lebih cenderung sulit.

“Panduan KKOP itu wewenang otoritas Bandara wilayah I Jakarta.  Ketika kita membangun di wilayah sekitar landas pacu maka bangunan tersebut tidak diperkenankan untuk melebihi ketinggian yang telah diatur di dalam KKOP. Apabila ingin membangun setidaknya menanyakan agar tidak menjadi halangan offstakel,” pungkasnya. (MC KubuRaya/irdiansyah/Kus)