Pemkab Muba Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Batang Kelapa Sawit

:


Oleh MC Kab Musi Banyuasin, Selasa, 18 April 2017 | 12:55 WIB - Redaktur: Kusnadi - 444


Jambi, InfoPublik - Menindaklanjuti pertemuan dengan Dr Ir Dwi Sudhartio Msi, Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan Bogor bersama Eric Phan, Manejer CV Rajawali Alam Lestari, di ruang bupati Kamis  pekan lalu tentang rencana kerjasama pemanfaatan limbah batang kelapa sawit menjadi kayu solid dan panel lapis, Jumat (15/4), Pj Bupati H Yusnin meninjau langsung ke lokasi industri CV Rajawali Alam Lestari di Kota Jambi.

Peninjauan tersebut, kata Yusnin, adalah untuk mengetahui secara langsung mengenai seluruh detil proses pengolahan kayu di perusahan tersebut.

 "Selain untuk mendapatkan gambaran secara langsung mengenai proses pengolahannya, serta informasi-informasi yang terkait lainya," jelasnya.

Sementara itu, Eric Phan kepada awak media menjelaskan bahwa pertemuan hari itu merupakan kunjungan balasan Pemkab Musi banyuasin setelah sebelumnya ia mengunjungi Bumi Serasan Sekate beberapa waktu lalu.

"Dalam pertemuan di Sekayu,dijelaskan bahwa pak Bupati akan berkunjung langsung ke pabrik kami, ini suatu kehormatan bagi kami untuk memberikan seluas-luasnya informasi yang mungkin dibutuhkan bapak-ibu," ungkapnya.

Dalam  pertemuan tersebut banyak hal yang dibahas, kata Eric, terutama mengenai rencana kerjasama pemanfaatan limbah batang kelapa sawit menjadi kayu solid.

Langkah selanjutnya, jelas Eric, ia bersama pihak Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan Bogor akan melaksanakan penelitian lebih lanjut tentang  potensi pasar, kulaitas produk yang dihasilkan serta biaya yang dikeluarkan selama proses pengolahan batang kelapa sawit tersebut.

"Dalam 1 atau 2 bulan ke depan kami bersama pihak pusat Litbang Hasil hutan bogor akan memulai melaksanakan pengujian sampel batang kelapa sawit setelah itu baru lah didapatkan kepastian mengenai kelanjutan kerjasama ini,"  pungkasnya.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Asisiten II Ir H Sulaiman Zakari MT, Kepala Bappeda Drs HM Yusuf Amilin, Kepala Disperindag Zainal Arifin, perwakilan Dinas Perkebunan dan dinas terkait lainya.(Beritamuba/Tri/Fia/Kus)