Menhub Minta PT KAI (Persero) Cek Angkutan Lebaran 2017

:


Oleh Dian Thenniarti, Selasa, 18 April 2017 | 17:52 WIB - Redaktur: Elvira - 270


Jakarta, InfoPublik - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan pengecekan rutin (ramp check) terhadap sarana dan prasarana angkutan Lebaran 2017.

"Saya berpesan agar PT KAI melakukan ramp check terhadap kereta dan jalur kereta supaya perjalanan aman dan selamat pada saat lebaran. Harapan saya semua berjalan dengan lancar," ujar Menhub saat melakukan peninjauan Jelang Angkutan Lebaran Tahun 2017 (1438 H) di Stasiun KA Gambir, Jumat (14/4).

Hal tersebut dikatakan Menhub Budi saat melihat arus penumpang pada saat libur panjang yang terlihat penuh. "Kita harus melihat ini sebagai suatu bentuk evaluasi dimana volum dari penumpang pada hari libur atau saat long weekend penuh sekali," jelas Menhub.

Jelang Angkutan Lebaran Tahun 2017 (1438 H), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke dua Stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir Jakarta pada Jumat (14/4).

Menhub tiba di Stasiun Pasar Senen pada pukul 12.40 WIB dan langsung naik ke Kereta Api Jayabaya tujuan Jakarta Pasar Senen-Malang. Menhub kemudian menyempatkan untuk berdialog dengan beberapa penumpang yang berada di dalam kereta api mengenai pelayanan dari PT.KAI (Persero).

"Tadi saya bertanya dengan penumpang bagaimana pembelian tiket, pelayanan dan fasilitas dari PT KAI, rata-rata dari mereka membeli tiket melalui online karena lebih mudah dan cepat, yang kedua terkait fasilitas, penumpang berkomentar baik. Jadi saya mengapresiasi PT KAI yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik, saya harapkan kedepannya harus ditingkatkan pelayanannya menjadi lebih baik," ujar Menhub.

Dalam kunjungannya, Menhub juga mendengarkan penjelasan dari EVP Daerah Operasi 1 Jakarta John Roberto terkait rencana operasi angkutan lebaran di Daop 1 Jakarta.

Menurut data, jumlah keseluruhan kereta api harian untuk angkutan lebaran pada Daop 1 Jakarta berjumlah 67 kereta api dengan rincian KA reguler harian sebanyak 52 kereta api dan KA tambahan sebanyak 15 kereta api. Keseluruhan tempat duduk yang tersedia dengan total 50.282 seat, 41.778 seat untuk KA reguler dan 8.504 seat untuk KA tambahan.

"Saya minta kepada PT.KAI untuk menambah jumlah perjalanan kereta saat lebaran nanti dan harus ada kepastian, jangan sampai ada masalah terkait kekurangan angkutan lebaran," tegas Menhub.

PT KAI (Persero) juga sudah menetapkan puncak arus mudik pada tanggal 22 Juni 2017 (H-3) dengan jumlah prediksi penumpang sebanyak 17.584 penumpang di Stasiun Gambir dan 33.210 penumpang di Stasiun Pasar Senin.