KPK : Pemerintah Setuju Tanggung Biaya Pengobatan Novel di Singapura

:


Oleh Untung S, Jumat, 14 April 2017 | 22:48 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 1K


Jakarta, InfoPublik-Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemerintah akan menanggung seluruh biaya pengobatan penyidik senior KPK Novel Baswedan, yang saat ini dirawat di salah satu rumah sakit di Singapura, akibat terkena teror penyiraman air keras oleh orang tak dikenal beberapa hari lalu.

Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (13/4) mengungkapkan, kepastian inj diperoleh setelah dirinya dan Ketua KPK Agus Rahardjo bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) perihal mebicarakan soal biaya pengobatan Novel.

Menurut Syarif, Wapres JK setuju seluruh biaya pengobatan Novel ditanggung oleh pemerintah, dan meminta KPK segera mengurus seluruh persyaratan administrasi sehingga persoalan biaya tidak mengganggu proses pengobatan yang tengah dijalani Novel Baswedan.

Selain itu, Wapres JK juga meminta agar KPK bida mencarikan perawatan terbaik di Singapura untuk Novel agar dia bisa segera sembuh dan kembali menjalankan tugasnya menyidik berbagai kasus korupsi yang sedang dan akan ditangani KPK.

Atas persetujuan Wapres inu, Laode M Syarif mengaku sudah menerima laporan bahwa Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK sudah menindaklanjutinya ke pihak Kementerian Keuangan (Kemkeu), dengan melakukan pertemuan untuk menyelesaikan semua administrasi yang diperlukan.

"Sekjen KPK sudah menindaklanjuti kesepakatan tersebut dengan bertemu pihak Kementerian Keuangan, kami sangat senang pemerintah mau menanggung seluruh biaya, mengingat asuransi yang dimiliki KPK tidak mencakup sampai pengobatan ke luar negeri," ujar Laode.

Dalam kesempatan ini, atas nama KPK, Syarif meminta rakyat Idonesia mendoakan Novel agar segera sembuh setelah mendapat penanganan dari dokter di Singapura. 

Novel disiram air keras oleh orang tak dikenal pada Selasa pagi (11/4), saat hendak pulang ke rumah usai menjalankan shalat subuh di mesjid di sekitar rumahnya di wilayah Kepala Gading, Jakarta Utara.

Sebagaimana diketahui, setelah menjalani perawatan awal dibeberapa rumah sakit, Novel keluar dari Rumah Sakit Jakarta Eye Center, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/4) sekitar pukul 09.30 WIB, dan langsung diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta untuk mendapatkan perawatan intensif di Singapura.