Surabaya Pedas, 1 Juta Bibit Cabai Dibagi Gratis

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Kamis, 13 April 2017 | 11:06 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 412


Surabaya, InfoPublik - Komunitas bicara Surabaya menggandeng Pemerintah Kota Surabaya, Polrestabes Surabaya dan Kejari Surabaya serta beragam komunitas, menyelenggarakan kegiatan “Nandur dan Sedekah Sejuta Bibit Cabai” yang bertemakan #Surabaya Pedes. Kegiatan ini akan berlangsung tanggal 15-17 April.

Koordinator Humas Panitia #SurabayaPedes, Yuyun Arbaiyah, Kamis (13/4) mengatakan, kegiatan ini akan dibuka dan dimulai di Taman Bungkul oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombespol M Iqbal, Sabtu (15/4) pukul 10.00 WIB. "Pada pembukaan itu langsung dilakukan sedekah ribuan bibit kepada penumpang bus kota dan angkot di depan Taman Bungkul," katanya.

Selain di Taman Bungkul, panitia dan para anggota komunitas juga membagikan bibit cabai di Perempatan Jl Raya Darmo - dr Sutomo dan Jl Panglima Sudirman, tepatnya di timur Monumen Bambu Runcing.

Sejumlah komunitas yang tergabung dalam kegiatan ini, antara lain Komunitas Love Suroboyo, Tunas Hijau, Karang Taruna Surabaya dan sejumlah PR Hotel di Surabaya serta kader penggerak lingkungan.

Kegiatan pembagian bibit ini juga melibatkan personil kepolisian dan Satpol PP Kota Surabaya dan didukung oleh Pakuwon Grup, Honda Surabaya Center, PGN, Bank Jatim, PDAM Surya Sembada, PIOS, NAV Karaoke Keluaraga, Pelindo III serta Agro Inovasi dan Balai Pengkajian dan Teknologi Pertanian (BPTP) Jatim.

Pada sore harinya, di Taman Surya Balai Kota Surabaya juga dilakukan pembagian hampir 100 ribu bibit untuk 31 kecamatan. Nantinya setiap kecamatan membaginya ke kelurahan-kelurahan di wilayahnya. "Kita sedekahkan ini bibit dan benih cabai. Kita ingin sebagian besar kampung di kota ini bertebaran tanaman cabai," tambahnya.

Di hari kedua, Minggu (16/4) panitia dan komunitas akan membagikan ribuan bibit di Car Free Day di Jalan Tunjungan pada pukul 07.00. "Polwan dan anggota Satpol wanita yang cantik-cantik juga akan keliling CFD dan blusukan ke Kampung Ketandan untuk membagikan bibit. Bagi yang ingin mendapatkan bibit bisa ke lokasi CFD dan di hari pertama di tiga tempat itu," terangnya.

Selama Sabtu dan Minggu juga digelar penanaman bibit cabai di stren Sungai Kalimas di Jl Irian Barat, sekitar eks Kolam Brantas. Kawasan itu akan disulap Pemkot Surabaya menjadi kebun cabai dan pusat edukasi bercocok tanam.

Puncak  kegiatan ini yakni, Senin (17/4) Pk 15.00 WIB. Saat itu, Wali Kota Tri Rismaharini didampingi Kapolrestabes Surabaya, Kombespol M Iqbal dan Kejari Surabaya, Didik Farkhan Ausyahd serta komunitas akan nandur bareng bibit cabai di stren sungai di Jalan Irian Barat.

"Nandur bareng juga diikuti undangan dari pelaku usaha di Surabaya dan sejumlah anggota DPRD Surabaya yang ikut peduli dengan kegiatan sosial ini," katanya. (MC Prov Jatim/non-jal/eyv)