BP Batam Siap Kelola Air Limbah Rumah Tangga

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 13 April 2017 | 09:44 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 405


Batam, InfoPublik-Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang tinggi, fasilitas dan sarana publik sangat diperlukan serta dibutuhkan untuk memberikan kenyamanan tinggal dan lingkungan, salah satunya adalah tersedianya Instalasi Pengolahan Air Limbah.

Dalam konferensi pers perihal pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), yang dihadiri oleh Anggota 4/Deputi BP Batam, Kepala Kantor Pengelolaan Air dan Limbah, Kepala Bidang Pengelolaan Limbah beserta Staf Korea Selatan, di gedung Marketing Centre BP Batam, Batam Centre – Batam, Selasa (11/04)

Pembangunan IPAL rencananya dibangun di lahan seluas 7 hektar pada April 2017, di wilayah Bengkong Sadai – Batam, dilakukan oleh BP Batam bekerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan.

Dimana pembangunan proyek ini mendapat dukungan dari pemerintah Korea melalui dana pinjaman (soft loan) EDCF ( Economic Development Coorperation Fund).

Kepada para awak media yang hadir Anggota 4/Deputi BP Batam, Purba Robert M Sianipar, mengatakan Biaya yang dikeluarkan dalam pembangunan proyek IPAL ini sekitar Rp 387,7 Milyar, dengan waktu yang diharapkan selesai pada tahun 2019″. Katanya

“Proyek pembangunan IPAL berikutnya meliputi wilayah, Batam Centre, Bengkong, Tanjung Uma, Sekupang, Tembesi, Telaga Punggur dan Kabil”. Menambahkan

Pembangunan proyek ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas air dan kesehatan masyarakat berdasarkan penetapan rencana sarana air limbah dan perlindungan terhadap sumber daya air, selain itu proyek ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan sarana pengolahan air limbah dengan percepatan pembangunan sanitasi permukiman.

Tujuan pembangunan proyek IPAL, antara lain :

Melindungi kualitas air dengan meningkatkan prasarana lingkungan dan sarana air limbah; Melindungi kualitas air waduk yang merupakan sumber daya air utama;Meningkatkan kesehatan masyarakat dan mengurangi wabah penyakit; Meningkatkan Parawisata dan investasi dengan adanya peningkatan kualitas lingkungan. (MC.Batam/WK/Eyv)