Program Pembangunan Bangsaku Diluncurkan

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Rabu, 12 April 2017 | 11:39 WIB - Redaktur: Kusnadi - 653


Merauke, InfoPublik - Jika di masa pemerintahan Romanus Mbaraka-Sunarjo ada program gerakan pembangunan kampungku yang disingkat Gerbangku, maka di masa pemerintahan Frederikus Gebze, SE.M.Si-Sularso, SE, juga ada program unggulannya, yaitu bangun semua kampungku atau disingkat Program Bangsaku.

Program Bangsaku ini resmi diluncurkan oleh Bupati Merauke Frederikus Gebze, SE, M.Si,  Kamis (6/4) pekan lalu.  Peluncuran program ini disaksikan Wakil Bupati Merauke Sularso, SE, Wakil Ketua I DPRD Merauke Hj. Almoratus Solikha, S.Hi, dan para Forkopimda Kabupaten Merauke di Gedung Bellafiesta.

Menurut Bupati Frederikus Gebze mengatakan, pada pemerintahan sebelumnya telah mencanangkan gerakan membangun kampungku.

‘’Digerakan. Kalau sudah digerakan dengan kompensasi dana berarti kita sekarang tinggal bangun semua kampung. Kalau sudah digerakan kemudian harus bangun semua kampung sehingga dikemudian hari kita bisa tahu bahwa terselesaikan pembangunan di kampung,’’ katanya.

Menurut Bupati Frederikus Gebze, dengan program bangsaku ini nantinya akan diambil  dana dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBN maksimal 40 persen. Jadi sumbernya bukan dari APBD tapi dari ADD yang diturunkan pusat ke setiap kampung.

Dikatakan, program bangsaku ini merupakan program inovasi daerah yang akan dibawa dan disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri.

Dengan program ini, lanjut bupati  Frederikus Gebze, diharapkan akan menumbuhkan jiwa wirausaha masyarakat yang ada di setiap kampung.

‘’Ditemukan hasil melimpah tapi untuk mengolah, memasarkan atau meningkatkan pendapatan masyarakat mengalami kendala,’’ katanya.

Karena itu, lanjut bupati Frederikus Gebze, melalui program ini nantinya akan diberikan bantuan kepada kepala keluarga atau kelompok yang memiliki inovasi dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan tersebut.

Namun, dalam pemberian bantuan baik kepada kepala keluarga maupun kelompok usaha yang ada di setiap kampung akan dilakukan pengawasan dan pendampingan sehingga dana yang diluncurkan tersebut benar-benar dapat menumbuhkan wirausaha yang ada di setiap kampung sekaligus meingkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di kampung. (McMrk/02/Abd/Kus)