Palu, InfoPublik - UPT Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar karnaval budaya dalam rangka memeriahkan HUT ke-53 Provinsi Sulawesi Tengah, Senin sore (10/4). Acara dilepas Asisten Pemerintahan, Hukum dan Politik Moh Arif Latjuba di Jalan Samratulangi, depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Kegiatan karnaval disambut positif sebagai upaya membuka ruang-ruang kreatif bagi pekerja seni budaya untuk beraktualisasi dan memupuk jiwa kompetitif untuk bisa menampilkan karya-karya terbaiknya.

“Saya harap karnaval ini bisa memotivasi generasi muda kita untuk mengangkat dan mengembangkan ragam budaya daerah supaya budaya-budaya luar tidak menjadi kebanggaan generasi kita,” ujar asisten saat membaca sambutan tertulis Gubernur Longki Djanggola.

Olehnya, baik pemerintah kabupaten dan kota dimintanya, memperhatikan, menggali dan mengembangkan budaya tradisi yang ada di wilayahnya masing-masing agar semakin berkembang.

Disamping itu karnaval budaya juga jadi ajang seleksi untuk menentukan wakil Sulawesi Tengah yang akan berpartisipasi di pawai budaya nusantara di Jakarta. Karena itu, gubernur lewat asisten berpesan, “Siapapun yang terpilih nanti agar benar-benar menunjukkan kreativitas dan inovasinya sebagi wakil terbaik Sulawesi Tengah, sehingga mampu mempertahankan dan lebih meningkatkan prestasi yang sudah pernah diraih.”

Para peserta yang mengikuti karnaval antara lain wakil-wakil kabupaten/kota se-Sulteng, kerukunan adat Bali dengan ogoh-ogoh, masyarakat Tionghoa dengan barongsai, Gorontalo, Minangkabau, Sunda dan lain-lain.

Rute yang dilewati Jalan Samratulangi, Jenderal Sudirman, Mohamad Hatta dan finish di Taman Gor Palu.