Ditlantas Polda Sumsel Luncurkan 10 Program Aplikasi Berbasis Smartphone

:


Oleh MC Provinsi Sumatera Selatan, Senin, 10 April 2017 | 09:56 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 980


Palembang, InfoPublik-Mengikuti kemajuan teknologi yang semakin mumpuni serta untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) khususnya di wilayah Sumsel, membuat Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumsel terus berpikir inovatif dengan menciptakan terobosan-terobosan terbaru berbasis aplikasi Smartphone (telepon pintar).

Bertempat di Kambang Iwak (KI) Palembang, Minggu (9/4), Ditlantas Polda Sumsel melakukan peluncuran 10 terobosan terbaru yang berhasil diciptakan dengan menggandeng STMIK MPD Palembang.

Selain itu, untuk mempromosikannya, turut digandeng para netizen atau penggiat media sosial (Medsos) di Palembang.

Adapun 10 aplikasi yang diluncurkan tersebut yaitu SIAPO (Sistem Informasi Administrasi Pajak Online), SIMMADE (SIM Masuk Desa), E-Tilang (Tilang Elektronik), SSDP (1 Sekolah 2 Polisi), PASTI (Pengamanan Setiap Tempat Ibadah), Blue Light Patrol (Patroli Lampu Biru), LDD (Lalu Lintas Dalam Doa), PKSL (Penilaian Keaktifan Satuan Lalu Lintas), RTMC sebagai Pusat K3I (Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi) yang berada di Ditlantas Polda Sumsel dan Klik Polantas.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol Raden Slamet Santoso, menjelaskan, dengan adanya 10 terobosan kreatif ini diharapkan salah satunya dapat untuk mengatasi permasalahan lalu lintas di Sumsel.

"Iya seperti SSDP, dimana anak dibawah umur khususnya anak sekolah sangat rawan tindak kejahatan jalanan alias begal dan lakalantas," jelasnya.

Selain mencegah tindak kriminalitas terhadap anak dibawah umur, dikatakan Raden, hal ini juga merupakan upaya Ditlantas Polda Sumsel dalam mendekatkan Polisi ke sekolah-sekolah khususnya para pelajar.

"Semua terobosan kreatif ini guna memberikan kemudahan pada masyarakat dan dapat memberikan perubahan yang baik serta signifikan. Hal ini tentunya butuh dukungan semua pihak mulai dari masyarakat, stakeholder dan lainnya. Terobosan kreatif ini merupakan inisiatif yang luar biasa dalam membangun Sumsel," terangnya.

Sementara itu, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Palembang, Darma Budi yang turun hadir dalam acara launching tersebut, mengatakan, seiring dengan kemajuan teknologi, inovasi harus terus dilakukan.

"Kita patut apresiasi terobosan kreatif yang dilakukan Ditlantas Polda Sumsel.Hal ini bertujuan dalam memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat," jelasnya. (MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM/AM/Eyv)