Dekranasda Batam Dapat Gedung Baru Tahun Ini

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 10 April 2017 | 08:57 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Batam, InfoPublik - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Batam dalam waktu dekat akan memiliki gedung sendiri. Selama ini Dekranasda Batam menyewa bangunan rumah toko (ruko) di kawasan Batam Centre sebagai kantor dan pemasaran produk.

Gedung baru ini akan dibangun Pemerintah Kota Batam, melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), dengan menggunakan anggaran sebesar Rp2,1 miliar.

"Proses pembangunannya, kini sudah masuk tahap lelang fisik. Ditargetkan November selesai," kata Kepala Dinas CKTR Batam Suhar, di Batam Centre, Jum’at (7/4).

Gedung Dekranasda akan didesain modern, dengan tampilan luar didominasi kaca. Lokasi pembangunan berada tepat di samping Kantor Bersama Pemkot Batam di Batam Centre.

Ketua Dekranasda Batam Marlin Agustina Rudi mengatakan pada bagian dasar atau basement akan dijadikan workshop pembuatan batik. Kemudian lantai 1 menjadi tempat pameran dan penjualan produk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Dan lantai paling atas khusus untuk penjualan batik khas Batam.

"Produk yang masuk nanti diseleksi. Ada persyaratannya. Contoh, ada izin usaha, label halal, dan kita lihat packaging-nya (kemasan). Batiknya juga kita didesain desainer lokal jadi memang ada ciri khas Batam-nya," kata Marlin.

Menurut dia, Dekranasda sudah berkoordinasi dengan Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies (Asita) atau asosiasi perjalanan wisata Indonesia di Kota Batam. Nantinya setelah gedung ini berdiri dan aktif, seluruh paket wisata diwajibkan membawa tamunya ke Dekranasda.

"Jadi Asita sudah setuju. Wajib hukumnya bawa tamu ke situ. Makanya produknya juga kita seleksi," kata dia. (MC Batam/toeb)