Pemda Dan NU Indramayu Bersinergi Cegah Paham Radikalisme

:


Oleh Media Center Kabupaten Indramayu, Rabu, 5 April 2017 | 09:49 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 342


Indramayu, InfoPublik-Pemerintah Daerah Indramayu bersama dengan Nahdatul Ulama (NU) harus bersinergi dalam mencegah paham radikalisme dan sesat supaya tidak berkembang dengan cara merangkul semua pihak dan memberikan masukan kepada masyarakat sehingga wilayah Indramayu selalu terjaga dalam kondisi aman dan kondusif.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Indramayu Hj. Anna Sophanah ketika menghadiri Pelantikan Pengurus Cabang NU Kabupaten Indramayu masa khidmat 2017 – 2022 yang berlangsung di Gedung Dakwah NU Indramayu, Selasa (04/04).

Bupati menegaskan, sebagai organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, NU selalu mengedepankan prinsip – prinsip toleransi dan keseimbangan yang akan menjaga stabilitas negara dan bangsa Indonesia. Meski mayoritas warga negara Indonesia adalah muslim namun bagi NU Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan harga mati dan ideologi Pancasila yang merupakan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara sudah final, serta menyadari keragaman masyarakat Indonesia yang berbeda-beda baik suku, budaya, dan agama yang merupakan rahmat bagi bangsa Indonesia, yang perlu dipupuk dan dibina.

Dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat, lanjut bupati, kaum nahdliyin senantiasa mengedepankan keseimbangan antara semangat dan kemampuan. Hal ini berbeda dengan komunitas dengan aliran radikalisme dan aliran sesat dimana yang ditonjolkan adalah semangat yang dilandasi pemikiran sempit  saja tanpa diimbangi dengan kemampuan beragama secara kafah sehingga pada akhirnya banyak memunculkan pemikiran yang menyimpang.“Untuk itu peran ulama khususnya dari kalangan nahdliyin sangat dibutuhkan untuk meluruskan hal tersebut,” tegas bupati.

NU merupakan mitra strategis bagi Pemerintah Kabupaten Indramayu dan berperan besar dalam pembangunan. Selama ini, NU senantiasa menjadi pendukung utama program dan kebijakan pemerintah daerah. Hampir dapat dipastikan, keberhasilan berbagai program pembangunan di Kabupaten Indramayu salah satunya berkat peran dan dukungan NU dan kaum nahdliyin.(MC.Indramayu/Eyv)