12 Jenis Kondisi Gawat Darurat Bisa Dilaporkan Ke 112

:


Oleh MC Kota Batam, Rabu, 5 April 2017 | 08:45 WIB - Redaktur: Tobari - 310


Batam, InfoPublik - Ada 12 jenis layanan kegawatdaruratan yang ditangani Batam Siaga 112. Jenis layanan ini tertuang dalam Peraturan Walikota Batam nomor 16 tahun 2017 yang disahkan pada 13 Maret lalu.

Layanan Batam Siaga 112 ini meliputi permintaan ambulans gawat darurat, penyelamatan manusia, penanganan kebakaran, kejadian kecelakaan, tindak kriminal, hingga terorisme. Kejadian terkait bencana, hewan buas atau berbisa, pohon tumbang juga bisa dilaporkan melalui nomor tunggal panggilan darurat ini.

"Melalui 112 juga masyarakat Batam bisa melaporkan tentang kerusakan konstruksi yang menimbulkan korban atau mengganggu aktivitas," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim, Selasa (4/4).

Selain yang disebutkan di atas, penanganan kegawatdaruratan lain serta penanganan narkoba juga dilakukan melalui layanan ini. Karena dalam pelaksanaan penanganannya, melibatkan banyak pihak.

Tak hanya organisasi perangkat daerah atau unit pelaksana teknis di Pemerintah Kota Batam, tapi juga instansi vertikal, seperti Polresta Barelang, Badan SAR Nasional wilayah barat, Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam, serta Badan Narkotika Nasional Kota Batam.

"Layanan Batam Siaga 112 ini juga terintegrasi dengan Palang Merah Indonesia dan badan hukum lainnya," kata dia.

Kondisi kegawatdaruratan ini bisa dilaporkan masyarakat dalam 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Karena pemerintah telah menyiapkan 12 tenaga call taker yang bekerja dalam tiga shift.

Mekanisme kerjanya adalah telepon yang masuk ke 112 diterima call taker. Kemudian diproses oleh supervisor untuk diteruskan ke instansi terkait sesuai jenis kegawatdaruratan. Pesan diteruskan melalui aplikasi telegram.

"Waktu yang dibutuhkan untuk meneruskan informasi dari masyarakat sampai ke tim lapangan sesuai standard operational procedure-nya adalah tiga menit. Sementara untuk penanganannya beragam, sesuai jenis kejadian gawat daruratnya," kata Salim.(MC Batamtoeb)