259 Siswa SMK Muhammadiyah Bungoro Jalani UNBK

:


Oleh MC Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Selasa, 4 April 2017 | 14:53 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Pangkep, InfoPublik - ‎Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di wilayah Kecamatan Bungoro,  Kabupaten Pangkep, Senin (3/4), berjalan lancar. Pada pelaksanaan UNBK 2017 hari pertama ini, peserta ujian mengerjakan soal ujian mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Muhamadiyah Bungoro  diikuti sebanyak 259 siswa dalam  melaksanakan UNBK.

Kepala SMK Muhammadiyah Bungoro Abdullah, S.Pd. M.Si, mengatakan, dari jumlah peserta yang mengikuti UNBK di sekolah ini, berjalan lancar.‎

“Alhamdulilah untuk pelaksanaan UNBK hari pertama khususnya sesi pertama, berjalan lancar. Anak-anak datang tepat waktu, lalu pengawas, panitia, dan teknisi juga tidak ada kendala. Untuk hari ini, peserta mengerjakan ujian Bahasa Indonesia,” ungkap Abdullah saat ditemui di SMK Muhammadiyah Bungoro.

Dalam mendukung kelancaran pelaksanaan UNBK ini, dijelaskan Abdullah, pihaknya mengantisipasi mengenai kendala teknis suplai listrik dan server. Hal itu dilakukan agar selama pelaksanaan UNBK ini tidak terhambat.

“Untuk pelaksanaan UNBK saat ini,  belum ada keluhan dari siswa terkait keterhambatan jaringan. Kami yakin bisa berjalan lancar. PLN dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep  sudah melakukan kesepakatan untuk menyukseskan UNBK,” kata dia.

Dijelaskan Abdullah, dalam pelaksanaan UNBK ini pihaknya membagi tiga sesi dari total peserta UNBK.  Hal itu karena tidak mencukupi komputer.

Untuk kelancaran UNBK di SMK Muhammadiyah Bungoro, disiapkan 2 teknisi,  agar pelaksanaan tersebut ini tidak terhambat jaringan.

“Kalau kehadiran teknisi, memang diharuskan sesuai aturan. Namun tergantung situasi dan kondisi sekolah. Satu orang teknisi sebenarnya sudah cukup.  Akan tetapi, kami menyiapkan 2  teknisi di sekolah ini,"ucapnya.

Selain itu, pihaknya pun mengupayakan meminimalisasi gangguan saat siswa mengerjakan soal ujian berbasis komputer. Salah satu upayanya kami juga menyiapkan server cadangan untuk menampung  data hasil siswa.

 “Untuk satu  server itu mampu menampung 20, 30 hingga 34  data hasil pengerjaan siswa,” kata dia.

Dalam pelaksanaan UNBK ini, pada hari kedua UNBK peserta akan mengerjakan soal Matematika dilanjutkan Bahasa Inggris untuk hari ketiga dan terakhir mata pelajaran kejuruan pada hari keempat.

Sementara itu, seorang siswa SMK Muhammadiyah Bungoro, Taufit Hidayat mengatakan, pada pelaksanaan UNBK hari pertama ini, berjalan lancar. Untuk Ujian berbasis komputer ini, kami dapat menjawab dengan mudah.

"Beda dengan ujian secara manual, karena harus  betul-betul diteliti. Kalau secara online,  hanya tinggal klik jawaban yang benar saja,” kata Taufit, siswa SMK Muhammadiyah Bungoro.‎ (Din/Edi/toeb)