Batam Peserta Terbaik Bimtek Media Center Se-Sumatera

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 3 April 2017 | 15:14 WIB - Redaktur: Tobari - 715


Batam, InfoPublik - Jurnalis Media Center Kota Batam Kartika Kwartya kembali mendapat predikat terbaik I dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelola Media Center wilayah Sumatera. Tahun ini, bimtek digelar di Hotel Aryaduta Palembang, dari 30 Maret-1 April 2017, dengan peserta 90 orang.

Predikat terbaik diberikan kepada Kartika atas tulisannya yang berjudul "3.000 UMKM Palembang Dapat Domain Gratis". "Tulisan ini sudah jadi. Kalau bahasa redaksi kami, press clear. Artinya tidak ada yang perlu diedit lagi," kata Eko Suprihatno, pembicara sekaligus tim penilai dari Media Indonesia grup.

Meski dinilai sudah baik, Eko tetap memberikan masukan kepada penulis Media Center Batam. Ia menyoroti tentang penggunaan kata "website". Sebaiknya, kata Eko, menghindari penggunaan bahasa asing. Kecuali jika memang belum ada padanan katanya dalam Bahasa Indonesia.

"Kalau website ini bisa pakai kata laman. Online juga sudah ada padanan katanya yakni daring," kata dia.

Berita yang disajikan Kartika pada bimtek 2017 ini bersifat straight news. Berbeda dengan tulisan yang dibuat pada bimtek 2016 di Batam. Sajian tulisan dalam bentuk feature atau berita ringan dengan judul "Anak Pencari Suaka Isi Waktu dengan Main dan Belajar".

Eko mengaku cukup kaget karena peserta bersemangat dalam bimtek ini. Bahkan tulisan yang masuk juga cukup banyak.

"Hasilnya juga di luar perkiraan kami. Tinggal lebih menajamkan persoalan yang ada di daerah untuk dimunculkan di laman daerah," ujarnya.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, Media Center merupakan penghubung antara informasi dari pusat ke daerah maupun sebaliknya.

"Informasikan semua hal agar masyarakat mengetahui kinerja dari pemerintah. Menyediakan informasi bagi masyarakat juga merupakan implementasi hak asasi manusia," kata Niken dalam sambutannya di penutupan bimtek. (MC Batam Kartika/toeb)