Bengkulu, InfoPublik - Menteri Kominfo Rudiantara mengingatkan agar peran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk menjaga kualitas konten penyiaran terus dilakukan.

Hal ini disampaikannya saat memberikan kata sambutan peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke 84, di Balai Raya Semarak, Kota Bengkulu, Sabtu (1/4) malam.

Dikatakannya, memasuki usia ke-84 dunia penyiaran di Indonesia diharapkan dapat menyajikan konten-konten yang mencerdaskan bangsa.

Substansi KPI, disebutnya, ada dua yaitu memberikan pelayanan dan pengawasan isi penyiaran. Sementara KPI dan KPID bertanggung jawab terhadap ratusan juta karakter bangsa.

Selain itu, Menkominfo Rudiantara juga mengajak KPI untuk melayani konstituen dengan baik. Dia mencontohkan, seperti dalam hal pemberian izin penyiaran tidak perlu berlama-lama.

"Saya minta jika perpanjangan izin lembaga penyiaran tidak perlu seperti izin baru. Sederhanakan bentuk izinnya," kata Menkominfo Rudiantara.

Sementara itu, Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis dalam sambutannya berharap publik turut berpartisipasi dan mengapresiasi kinerja KPI.

"Melalui Harsiarnas ke 84 ini, kita tingkatkan semangat nawacita untuk ketahanan bangsa melalui penyiaran yang berkarakter dan mencerdaskan. Karena itu, kita juga mengharapkan setiap saluran media memiliki eksistensi untuk menjaga keutuhan bangsa," ujar pria berdarah minang ini.

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti dalam sambutannya berpesan agar para insan penyiaran, diharapkan mampu melahirkan konten yang komprehensif daripada konten yang kontroversional. (MC Kota Bengkulu/Nugroho Tri Putra/toeb)