UMKM Palembang Didaftarkan Online Untuk Perkuat Pamasaran

:


Oleh MC Kota Palembang, Minggu, 2 April 2017 | 15:22 WIB - Redaktur: Tobari - 505


Palembang, InfoPublik - Penyelenggaraan Hari UMKM Online Nasional dilakukan serentak di 30 kota di seluruh Indonesia, yang dipusatkan di Makassar, serta dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sebanyak 100.000 UMKM akan didaftarkan secara online serentak di 7 kota, yakni Makassar, Semarang, Jakarta, Palembang, Bandung, Aceh, dan Flores.

Di Palembang, gerakan peng-online-an UMKM ini dilakukan oleh Pemkot bekerjasama dengan Lembaga Nurbaya Initiative.

Partnership Manager Lembaga Nurbaya Initiative, Wenny Wijaya, mengatakan, berjualan dengan cara konvensional sulit untuk menambah akses.

“Karena itu, kami memberikan website yang memfasilitasi UMKM. Akun kita Nurbaya Corner sudah ada di Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Blanja, dan Elevenia. UMKM yang sudah registrasi akan masuk dalam data base kita, dan kita masukkan ke playstore,” kata Wenny dan menambahkan, di Palembang, ada sekitar 1.000 UMKM yang potensial.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, di kota ini terdapat 10.040 UMKM yang menjadi salah satu penopang perekonomian Palembang. Karena itu, ia menyambut baik gerakan pendaftaran secara online UMKM. “Ini kesempatan kita untuk memperkenalkan produk,” katanya.

Namun, Walikota Harnojoyo melanjutkan, bahwa UMKM di Palembang harus bersungguh-sungguh, mampu bersaing memasarkan produk dan harga produk terjangkau.

Deputi Surat dan  Paket, Regional III Kantor Pos Palembang Hilman Isfandiar mengatakan pihaknya siap membantu pengiriman produk UMKM.

“Program UMKM online ini merupakan program pemerintah yang mensinergikan kami (PT.Pos) sebagai BUMN dengan Kominfo dan UMKM,”ujar Hilman.

Ia menyebutkan bidang e-Commerce sangat berpotensi. Bahkan, dalam sehari, sebanyak 800 kg produk makanan yang dikirim. Termasuk dokumen, total kiriman Kantor Pos mencapai sekitar 7 juta kg per hari. (MC Palembang/Ratih/Hidayatullah/toeb)