Diskominfo Kabupaten Blora Sosialisasi Jaringan Wide Area Network

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Rabu, 29 Maret 2017 | 16:17 WIB - Redaktur: Tobari - 559


Blora, InfoPublik - Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, melalui Bidang Teknologi dan Informasi (TI), menyelenggarakan sosialisasi Jaringan Wide Area Network (WAN), yang berlangsung di ruang kerja Kepala Dinkominfo Blora, Rabu (29/3).

Kepala Dinkominfo Blora Drs. Sugiyono, M.Si, melalui Kepala Bidang Teknologi Informasi (TI) Sukarjo, mengemukakan tujuan diselenggarakannya sosialisasi berkaitan dengan pembangunan tower dan pengembangan jaringan WAN (Wide Area Network) di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Blora, yang akan dialiri bandwidht satu pintu dari Kominfo Blora.

“Visinya adalah sistem informasi terintegrasi mewujudkan Kabupaten Blora yang sejahtera dan bermartabat,” ujarnya.

Hanya saja pelaksanaannya dilakukan secara bertahap. Mulai tahun ini di mulai pada lima OPD, yaitu BPBD, DLH, DPUPR, Dilduk-KB dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kab. Blora.

Kelima OPD itu belum memiliki tower, sehingga nanti akan didirikan denga sistem satu pintu dari Dinkominfo. Apabila jaringan intenet mati, masih bisa menggunakan aplikasi dengan jaringan WAN. Tahun ini, langganan banwidht 20 mega. Untuk satu pintu dilaksanakan bertahap mulai tahun ini, kata Sukarjo.

Dari lima OPD tadi, kata Sukarjo, akan diambil satu di antaranya sebagai pilot project sharing data dalam aplikasi yang tersedia. Di samping Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Blora.     

Sosialisasi menghadirkan seorang nara sumber dan praktisi WAN dari Yogyakarta, Supriyanto.

Ia menjelaskan beberapa hal terkait aspek pendukung pengembangan teknologi informasi, kondisi teknologi informasi (jaringan WAN) saat ini, program pengembangan teknologi informasi, topologi jaringan WAN, alur koneksi jaringan dan beberapa hal teknis mendirikan tower.

Sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.  (MC Kab. Blora/Teguh/toeb).