Aparat Desa di Bone Bolango Harus Mampu Operasikan Komputer

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Rabu, 29 Maret 2017 | 05:31 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 734


Bone Bolango, InfoPublik - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menegaskan perkembangan teknologi merupakan tantangan bagi kita semua, termasuk aparat desa harus mampu dan terampil dalam mengoperasikan komputer.

“Aparat harus mampu menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan teknologi. Karena yang kekal itu adalah perubahan. Kalau yang tidak mau berubah berarti dia berpikir mundur,” tegas Bupati Hamim Pou pada kegiatan ujian seleksi perangkat desa serentak se-Kecamatan Tapa bertempat di SDN 2 Tapa, Minggu (26/3).

Bupati Hamim Pou mengatakan terkait dengan perekrutan aparat desa, ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014, dan aparat desa merupakan unsur penunjang dalam penyelenggaraan pemerintahan desa tersebut.

Kata Bupati, dulu orang kurang berminat masuk dan bekerja sebagai aparat desa, tapi sekarang dengan adanya Dana Desa (DD) jabatan aparat pun di desa sudah sangat bergengsi. Bahkan sampai-sampai tahapan tes calon perangkat desa pun sama seperti seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Untuk itu, Bupati Hamim Pou berharap lewat tes dan ujian seleksi ini benar-benar menciptakan aparatur desa yang handal, berdedikasi, kompeten, loyal dan disiplin. “Semua aparat desa harus mampu kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan kerja tuntas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bone Bolango melalui Kabid Pemerintah Desa, Fangky J Tanango menjelaskan bahwa jumlah calon aparat desa se-Kecamatan Tapa yang mengikuti ujian seleksi berjumlah 80 peserta, terdiri dari pelamar yang rata-rata berpendidikan SMA sederajat bahkan lulusan sarjana pun banyak yang ikut ujian seleksi tersebut. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir)