Kampung Budaya Sindang Barang Bogor Destinasi Tepat Kenal Budaya Sunda

:


Oleh Eka Yonavilbia, Selasa, 28 Maret 2017 | 13:37 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 3K



Bogor, InfoPublik – Kampung Budaya Sindang Barang salah satu destinasi yang asik untuk dijadikan tempat bermain dan belajar di Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Kampung Budaya yang berlokasi di Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor ini sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri, sehingga sangat cocok dijadikan tempat wisata terutama bagi para pelajar atau mahasiswa yang ingin mengenal sejarah Budaya Sunda lebih dalam lagi.

Tidak hanya bermain dan bertamasya, para wisatawa pun dapat menikmati pemandangan yang sangat asri dan sejuk, selain itu para wisatawan juga diajak untuk belajar sejarah dan Budaya Sunda, seperti, permainan tradisional, pencak silat cimande, tari jaipongan, belajar angklung, gamelan, melukis layang, layang, menangkap ikan dan masih banyak kegiatan menarik yang lainnya.

Kampung Budaya yang terkenal melalui mulut ke mulut ini sudah ada sejak tahun 2000-an, harga masuknya  yaitu kisaran Rp. 50.000 untuk siswa s/d 300.000 untuk umum dan menginap.Kisaran harga tersebut, para wisatawan sudah dapat menikmati semua kegiatan yang ada di Kampung Budaya Sindang Barang.

“Sedangkan Untuk barang-barang yang dibuat oleh pengunjung seperti membuat sandal, melukis layang-layang dan menangkap ikan,  hasilnya bisa dibawa pulang sama pengunjung mbak” ungkap Ukat Sukatma, Pengelola Kampung Budaya Sindang Barang, Kamis (23/3).

Kepala  Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Edi Mauladi mendukung adanya Kampung Budaya Sindang Barang ini, karena dapat mengharumkan nama Kecamatan Taman Sari.

“Awalnya, Kampung Budaya ini adalah bantuan dari Provinsi Jawa Barat,kampung ini bagus, karena dapat menjadi salah satu aset desa dan sebagai sarana  prasarana tempat wisata yang banyak di minati masyarakat lokal atau pun luar negeri,” urai Edi Mauladi, Kamis (23/3).

Edi juga menambahkan, kegiatan-kegiatan yang ada di Kampung Budaya Sindang Barang ini sangat bagus, karena berhubungan dengan adat Sunda.Terkait dengan  adanya kampung ini, diharapkan bisa membudayakan budaya yang ada di Desa Pasir Eurih.“Banyak kegiatan kesenian Sunda, seperti memainkan egrang, tari jaipongan, dan pencak silat,”lanjutnya.

Seruni Dinitri, sebagai Director of Academic & Student Affair Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor pun ikut berkomentar mengenai Kampung Budaya Sindang Barang ini, ia mengatakan, Kampung Budaya Sindang Barang ini sangat bagus untuk para wisatawan yang berkunjung.

“Banyak kegiatan yang positif dan mengangkat kebudayaan serta keseniaan sunda, jadi tidak hanya berwisata tetapi wisatawan pun dapat belajar sejarah dan adat Sunda” jelasnya  saat ditemui di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, Jumat (24/3).

Ia juga menambahkan, Selain untuk para wisatawan yang ingin berlibur,  Kampung Budaya ini juga bermanfaat untuk masyarakat Desa Pasir Eurih. “Adanya Kampung Budaya ini perekonomian masyarakat Desa Pair Eurih Kecamatan Taman Sari dapat meningkat.”jelasnya.

Greta, salah satu pengunjung Kampung Budaya mengaku senang dan ikut berkomentar mengenai Kampung Budaya Sindang Barang.“Bagus, cocok untuk anak-anak, karena selain bermain anak-anak juga belajar disini mbak, kebetulan kegiatan yang ada di Kampung Budaya ini sama dengan salah satu mata pelajaran di sekolah, yaitu Tematik,”urainya,saat ditemui di Kampung Budaya, Kamis (23/3).(Mahasiswi Magang/Pia Padilah/Eyv)