Tantangan Organisasi Ke Depan Semakin Berat

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Senin, 27 Maret 2017 | 17:06 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sumenep, InfoPublik -  Pemerintah Kabupaten Sumenep menilai organisasi kemasyarakan memiliki tantangan yang semakin berat, seiring dinamika kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Bupati Sumenep Dr. KH. A Busyro Karim, M.Si, melalui Asisten Pemerintahan Carto, mengemukakan hal itu pada acara temu alumni dan silaturrahim Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Sumenep masa khidmat 2015-2017 di GedungNasional Indonesia (GNI) Minggu (26/3).

Dikatakan, tantangan ke depan organisasi masyarakat, termasuk IPNU dan IPPNU makin berat, karena itu IPNU IPPNU harus mampu menjadi organisasi modern yang bisa menjadi jembatan kebekuan masalah akhir-akhir ini.

Tentu tetap berpegang pada kaidah yang sudah lazim dalam NU, menjaga serta melestarikan tradisi lama yang baik dan mengadopsi sesuatu yang baru dan lebih lebih baik.

”Disinilah, peran organisasi masyarakat seperti IPNUIPPNU, untuk ikut merawat keberagaman menjadi keunggulan dan menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Carto mengungkapkan, melihat dari visi IPNU-IPPNU, jelas sekali jika IPNU-IPPNU sangat fokus pada pembentukan kader yang berkarakter, baik karakter keagamaan maupun karakter kebangsaan.

Dengan modal itulah, IPNU-IPPNU juga harus terus berjuang menjaga demokrasi dan pluralisme sebagai bagian dari perjuangan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Untuk itu, saya merasa bangga sekaligus mengapresiasi pilihan organisasi saudara-saudara kepada IPNU-IPPNU. IPNU-IPPNU merupakan organisasi bersejarah di negeri ini yang telah banyak melahirkan kader-kader hebat yang berjasa besar bagi bangsa dan Negara,”ungkapnya.

Ketua Panitia Wahid menjelaskan, tujuan utama kegiatan ini, untuk mensinergikan serta mempererat ikatan para alumni dengan para kader yang menjadi kekuatan utama dari perjalanan IPNU dan IPPNU Sumenep.

“Pasca kegiatan ini kami berharap Kader dan alumni wajib memikirkan organisasi kepelajaran ini bersama, serta terbentuknya Majelis Alumni di tiap Kecamatan,” imbuhnya.

Kegiatan tersebut, selain dihadiri ribuan kader juga dihadiri oleh Ketua PCNU Sumenep, KH. Panji Taufiq, dan Achmad Heri sebagai Sekretaris Majelis Alumni yang saat ini menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Timur. ( Yasik/Esha/Fer/toeb)