Waduk Kesembilan di Batam Beroperasi 2019

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 27 Maret 2017 | 10:26 WIB - Redaktur: Tobari - 364


Batam, InfoPublik - Waduk Sei Gong, yang berlokasi di Kecamatan Galang, diperkirakan akan dapat mulai beroperasi pada 2019 mendatang. Waduk muara yang dibangun sejak 2016 dan direncanakan selesai pada 2018 ini dengan menelan anggaran Rp238 miliar.

Air dari waduk Sei Gong ini akan dialirkan ke Batam dengan pipa sepanjang 50 kilometer. Pembangunan pipa akan dilaksanakan pada 2019 mendatang.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Mochamad Basoeki Hadimoeljono mengatakan, bendungan Sei Gong ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat Batam dan sekitarnya.

"Kebutuhan air untuk Pulau Batam dan sekitarnya ini 3.250 liter per detik. Sekarang di Batam sudah ada delapan bendungan atau embung berkapasitas sekitar 2.800 liter, atau masih kurang 400 liter per detik. Ini bendungan kesembilan, dengan kapasitas 400 liter per detik," kata Basoeki saat meninjau Sei Gong, Kamis (23/3).

Menurutnya, kebutuhan tersebut hanya untuk proyeksi hingga satu dua tahun ke depan. Sementara jika melihat pertumbuhan penduduk dan ekonomi, maka 5-10 tahun mendatang dibutuhkan lebih banyak air baku.

Oleh karena itu, Kementerian PUPR akan senantiasa mencari potensi daerah yang bisa dibangun menjadi embung atau waduk muara. Lokasinya bisa saja di pulau utama atau pulau sekitar Batam, tergantung potensi. "Waduk ini termasuk dari 49 bendungan baru program lima tahun Presiden Jokowi," ujarnya.

Selain 49 bendungan tersebut, juga ada 16 bendungan lain yang merupakan lanjutan dari pemerintahan sebelumnya. Sehingga total ada tambahan 65 bendungan di Indonesia. "Rencananya dua atau tiga di Kepri. Tergantung potensi. Kita lagi cari terus," kata dia. (MC Batam Kartika/toeb)