Tahun ini Sumenep Akan Dikunjungi 11 Cruise

:


Oleh Untung S, Minggu, 26 Maret 2017 | 00:26 WIB - Redaktur: Elvira - 551


Sumenep, InfoPublik – Tahun 2017 Sumenep akan mendapat kunjungan sebanyak 11 kapal (cruise) yang mengangkut wisatawan asing dari Eropa, Amerika dan Australia.

Hal ini disampaikan Sufiyanto, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep saat menerima kunjungan wisatawan asing dari Eropa menggunakan Cruise Silver Sea yang datang Sabtu (25/2).

"Cruise Silver Sea yang datang hari ini merupakan cruise yang kedua dari 11 cruise yang bakal datang ke Sumenep. Di bulan Maret ini kita telah dua kali menerima wisatawan cruise," terang Sufiyanto.

Dijelaskan Sufiyanto, bahwa pihaknya memberikan insentif berupa tempat di Keraton Sumenep untuk menikmati jamuan makan siang, menikmati kesenian daerah, fasilitas transportasi dari pelabuhan dan pengamanan selama wisatawan tersebut di Sumenep.

Melihat kondisi pariwisata yang cenderung positif, Sufiyanto mengungkapkan bahwa pihaknya memasang target jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumenep. "Tahun ini kami menetapkan 3.000 kunjungan wisatawan asing dan 1 juta wisatawan nusantara," rinci Sufiyanto.

Branch Manager Tour Operator Cruise Asia by Destination Asia, I Nyoman Sudirman mengatakan, selama ini pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Sumenep. Untuk tahun ini, pihaknya akan membawa membawa tamu sebanyak 10 kali perjalanan cruise ke Sumenep.

Dari 10 kali kedatangan cruise ini, Kabupaten Sumenep akan dikunjungi sedikitnya 500-700 wisatawan cruise yang datang dari Bali. "Sumenep mempunyai daya tarik seni, budaya dan tradisi yang menarik. Para tamu kami pun mengaku tertarik untuk datang ke Sumenep," ungkap Sudirman.

Di tahun ini, tour operator Cruise Asia by Destination Asia akan membawa beberapa cruise mewah lainnya seperti Coral Expedition, Caledonia Sky, Cruise Asia, Silver Sea, dan lainnya ke Sumenep. 

Wisatawan cruise yang berkunjung selama tiga jam di Sumenep diajak menikmati kesenian dan kebudayaan di Keraton Sumenep kemudian belanja souvenir dan di akhiri dengan menyaksikan atraksi wisata Karapan Sapi.

Sementara itu, Anna, wisatawan Cruise Silver Sea dari Brescia, Italia mengatakan, jika dirinya merasa diapresiasi sebagai wisatawan di Sumenep. Anna pun menilai, bahwa kesenian dan kebudayaan di Sumenep sangat atraktif dan menarik.

"Saya merasa diapresiasi datang kesini. Sesampainya di Sumenep saya disambut dengan dua tarian yang itu menurut saya sangat spektakuler. Sampai di Keraton kami pun disambut lagi dengan kesenian daerah yang begitu atraktif dan unik. Jika saya kembali lagi ke Indonesia, saya pasti akan ke Sumenep," tegas Anna.