Media Center Diskominfo Palembang Lakukan Kunker Ke Diskominfotik Riau

:


Oleh Prov. Riau, Rabu, 22 Maret 2017 | 09:24 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 342


Pekanbaru, InfoPublik-Media Center Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Palembang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau dalam rangka studi banding terhadap UPT Media Center Diskominfotik Provinsi Riau, di ruang rapat Diskominfotik Provinsi Riau, Selasa Siang, (21/3).

Adapun rombongan Diskominfo Kota Palembang yang terdiri atas Febriansyah, Ery Todes, dan Hidayatullah Adronafis, ini disambut langsung oleh Sekretaris Diskominfotik Provinsi Riau Erick Oktavianda yang mewakili Kepala Diskominfotik Provinsi Riau Yogi Getri. 

Sekretaris Diskominfotik Provinsi Riau Erick Oktavianda, dalam sambutannya mengatakan bahwa keberhasilan UPT Media Center meraih peringkat pertama dalam hal kontribusi berita ke website infopublik.id Kementerian Kominfo selama tiga tahun berturut-turut merupakan kebanggaan bagi Diskominfotik Provinsi Riau.

"Kami menyambut kedatangan Media Center Diskominfo Kota Palembang terkait studi banding terhadap UPT Media Center Diskominfotik Provinsi Riau dalam hal mengelola news room, semoga kunjungan ini dapat bermanfat," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPT Media Center Diskominfotik Provinsi Riau, Mastar Mahad, memaparkan bahwa UPT Media Center memiliki dua program yakni layanan Bilik Media Center di Perpustakaan Soeman Hs dan di lantai 1 Diskominfotik Provinsi Riau, serta penyebaran informasi.

Untuk penyebaran informasi, dikatakan Mastar, UPT Media Center melakukan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) kepada guru, organisasi masyarakat, pengurus Dharma Wanita, dan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pengelolaan news room melalui website mediacenter.riau.go.id, serta melakukan diseminasi informasi ke daerah perbatasan.

"Penyebaran informasi melalui website mediacenter.riau.go.id dibentuk pada akhir tahun 2013 yang lalu, setelah melakukan studi banding ke Diskominfo Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat," ungkap Mastar.

Diakuinya, pada awalnya berita pada website mediacenter.riau.go.id sendiri hanya sekitar 1-2 berita perharinya. Namun saat ini, berita di mediacenter.riau.go.id telah mencapai 40 berita perharinya dengan seorang redaktur, seorang koordinator liputan, seorang sekretariat redaksi, 7 reporter, 12 kontributor di setiap Kabupaten/Kota di Riau, dan 3 orang uploder ke website infopublik.id.

Dijelaskan oleh Mastar bahwa tim inilah yang mendukung kinerja UPT Media Center, sehingga berhasil menjadi Media Center Terbaik Nasional dalam kontribusi berita ke website infopublik.id Kemenkominfo.

"Selain itu UPT Media Center juga turut memberikan pelatihan pengelolaan news room kepada Media Center yang ada di daerah," tutup Mastar.

Usai sharing mengenai pengelolaan news room UPT Media Center Diskominfotik Provinsi Riau, rombongan Media Center Diskominfo Kota Palembang mengunjungi Bilik Media Center yang terletak di lantai 1 Kantor Diskominfotik Provinsi Riau. (MC Riau/Zak/Eyv)