PKH Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

:


Oleh MC Provinsi Sumatera Selatan, Rabu, 22 Maret 2017 | 04:19 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 817


Muara Enim, InfoPublik - Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan uang tunai kepada keluarga sangat miskin dengan berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dan harus melaksanakan kewajiban yang telah ditentukan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Muara Enim Nurul Aman saat membuka acara pelatihan pengembangan usaha penerima bantuan PKH Kabupaten Muara Enim, di Aula Hotel Griya Sintesa, Senin (20/3).

"Program Keluarga Harapan atau PKH ini diharapkan kedepan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengubah pandangan sikap serta perilaku keluarga penerima manfaat," imbuhnya.

Nurul Aman mengatakan PKH bertujuan untuk merubah perilaku keluarga sangat-sangat miskin agar memberikan perhatian besar kepada pendidikan dan kesehatan anak dan jangka pendek untuk memberikan income effect kepada keluarga penerima manfaat melalui pengurangan beban pengeluaran keluarga penerima manfaat.

"Kepada peserta pelatihan untuk dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sehingga bisa bermanfaat. Besar harapan kita kepada penerima bantuan dapat mengembangkan usaha yang telah ditekuni selama ini melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) agar dapat lebih berkembang lagi dan mandiri meningkatkan taraf hidup bagi keluarga penerima manfaat. Kepada pendamping dan para operator PKH kiranya dapat juga meningkatkan peran dan pelayanan kepada masyarakat guna menuju Muara Enim yang sehat, mandiri, agamis, dan sejahtera (SMAS)," pesan wabup.

Pelatihan pengembangan usaha penerima bantuan PKH ini diisi dengan paparan narasumber Koordinator Wilayah PKH Sumsel 2 Abdul Kholik, Kepala Bidang Penanganan Kemiskinan Dinas Sosial Provinsi Sumsel Adi Darmadi yang juga menjabat Ketua PKH Tingkat Provinsi, dari Dinas Perdagangan dan Industri Muara Enim yang diikuti 160 peserta PKH. (MCDiskominfoSumsel/TM/AM)