Kabupaten Simalungun dan Karo Sepakat Benahi Danau Toba

:


Oleh Untung S, Selasa, 21 Maret 2017 | 21:42 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 443


Karo, InfoPublik - Dalam rangka memperindah Danau Toba demi pariwisata, dua kabupaten di Sumatera Utara yakni Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo sepakat menjalin kerjasama untuk memperindah Danau Toba.

Dalam memperindah Danau Toba, Kabupaten Simalungun serta Kabupaten Karo, Sumatera Utara berencana akan membuat destinasi wisata baru yakni berbasis wisata rohaniah.

Ungkapan ini dinyatakan saat kedua Bupati, yakni Bupati Simalungun JR Saragih serta Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat menyambangi Sipiso-Piso, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Di sana, keduanya akan membangun sebuah patung salib besar layaknya di Brasil.

"Buatkan tempat di sini (Sipiso-Piso-red) lebih ke wisata rohani, tentunya ini akan menjadi daya tarik baru dan tentunya akan terlihat lebih keren," ucap Bupati Simalungun JR Saragih di Sipiso-Piso, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Selasa (21/3).

Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana SH menambahkan bila nantinya wisata rohaniah ini akan dibuat jalanan berbentuk tangga sehingga selain memperlihatkan keindahan Danau Toba, keindahan Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Karo, Sumatera Utara juga akan terlihat indah.

"Kita akan buat jalan berbentuk tangga seperti wisata agama Katolik yakni jalan salib maka ini akan menjadi dua kabupaten yaitu Simalungun dan Karo yang cantik untuk dilihat," bebernya.

Selain itu, kedua Kabupaten Simalungun dan Karo juga akan menyatukan persepsi demi menjadi penunjang keinginan Presiden Jokowi dalam memperindah Danau Toba sebagai salah satu destinasi prioritas di Tanah Air.

"Kita harus mempersiapkan anggaran setiap tahun, lalu memperkuat budaya otomatis lintas antara masyarakat Simalungun dengan Karo bisa terus bersinergi dalam memenuhi percepatan kawasan wisata Danau Toba," paparnya lagi.

Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana SH juga mengaminkan atas apa yang diutarakan oleh JR Saragih. Baginya, ini adalah langkah yang positif guna mempercantik Danau Toba.

"Melalui kerjasama antara dua Kabupaten yakni Simalungun dan Karo maka akan timbul rasa kebersamaan yang otomatis bisa mempromosikan Danau Toba yang nantinya akan menjadi Monaco of Asia," tutupnya tersenyum.