Ditjen IKP Gelar Rakor Persiapan Diskusi Media

:


Oleh Yudi Rahmat, Selasa, 21 Maret 2017 | 21:40 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 510


Jakarta, InfoPublik - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Rapat Koordinasi yang mengusung tema "Reforma Agraria : Atasi Ketimpang, Kemiskinan dan Konflik, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (21/3).

Menurut Direktur Pengelolaan dan Penyediaan Informasi  Kemkominfo Siti Meiningsih, Rakor ini sebagai persiapan pelaksanaan diskusi media minggu keempat Maret 2017 yang akan diselenggarakan Kemkominfo.

Ia menjelaskan dalam Rakor yang dihadiri Tim KSP, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara ini, membahas sejumlah materi yang terkait retribusi lahan, yaitu jenis-jenis lahan, bagaimana distribusinya, dan progresnya.

Selain itu materi yang terkait tanah hutan seperti kehutanan sosial dan pemberdayaan  ekonomi seperti pemanfaatan lahan."Kegiatan ini juga untuk mendapat masukan-masukan dari yang hadir pada pembahasan masalah reforma Agraria tersebut,"kata May

Sementara itu, Risma dari Kantor Staf Kepresiden menambahkan  reforma agraria untuk menjawab ketimpangan dalam rangka mewujudkan ekonomi keadilan. Seperti ketahui reforma agraria ini bukan untuk bagi-bagi lahan tapi kepastian hak milik dan akses hutan negara sebagai ruang hidup rakyat dan sumber kekuatan ekonomi produktif.

Selain itu, lanjut Risma, Kebijakan Reforma Agraria adalah untuk mengatasi ketimpangan pemilik dan penguasaan tanah, menyelesaikan dan konflik agraria, dan meningkatkan produktivitas rakyat dan membuka pusat perhutanan ekonomi kerakyatan baru.