Pembentukan Forum Masyarakat Sunda Ngumbara di Kalimantan Selatan

:


Oleh MC Kalsel, Selasa, 21 Maret 2017 | 12:04 WIB - Redaktur: Tobari - 2K


Banjarmasin, InfoPublik – Forum Masyarakat (Formas) Sunda Ngumbara Kalimantan Selatan, dikukuhkan di Ballroom Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Minggu (19/3).

Ini sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat dan ketua Formas pusat, agar segera dibentuk Formas untuk wilayah Kalimantan Selatan sebagai koordinator dari paguyuban urang Sunda yang ada di kabupaten/kota se-Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua Panitia Forum Masyarakat (Formas) Sunda Ngumbara Kalimantan Selatan Mahdar menyampaikan dalam sambutan tertulisnya, di kabupaten/kota lain di Kalimantan Selatan, Banjarmasin khususnya, sudah terbentuk paguyuban urang Sunda/Jawa Barat Banten, namanya paguyuban Lembur Kuring kalau dalam bahasa banjarnya berarti banua kita.

Dengan dibentuknya formas ini, kekeluargaan urang Sunda Jawa Barat Banten yang ada di Kalsel bisa terjalin dengan erat dan harmonis, silih asah, silih asih dan silih asuh.

Formas ini juga turut berperan dalam pembangunan dan kemajuan Kalimantan Selatan, serta menjadi jembatan antara pemerintah daerah Jawa Barat dan pemerintah daerah Kalimantan Selatan, terutama dalam menjalin kerja sama yang saling menguntungkan.

Anggota paguyuban Lembur Kuring di Banjarmasin, bukan hanya dari etnis Sunda asli, tapi ada juga yang berasal dari etnis Jawa, Batak, Minang dan etnis-etnis lainnya, yang mana mereka lahir dan besar di Bandung dan Jawa Barat atau mereka lama menjadi warga Bandung/Jawa Barat dan sekarang menjadi warga Kalsel.

“Sehingga ada rasa rindu untuk dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan urang Sunda/Jawa Barat, sehingga bergabung dalam paguyuban,” ujar Mahdar.

Dirinya berharap agar Formas ini tidak sekedar menjadi wadah bagi penduduk Kalimantan Selatan yang berasal dari Sunda/Jawa Barat saja, namun bisa seperti halnya paguyuban-paguyuban lainnya yang ada di setiap kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Seperti paguyuban Batak , Betawi, Jawa, Minang, Bugis, dan bagi urang banjar di luar Kalimantan Selatan ada yang namanya  Kulaan Banjar Berataan  (KBB), bahkan Kulaan Banjar Berataan (KBB) sedunia yang anggotanya bukan hanya dari Indonesia, tapi dari negara Malaysia, Singapura, Brunei dan negara lain, yang berasal dari etnis banjar dapat saling bersilaturahmi dan memupuk rasa persaudaraan.

Urang Banjar sudah go internasional, ada banyak penduduk/warga Kalimantan Selatan yang berasal dari Jawa Barat/Tatar Sunda. Profesi mereka bermacam-macam ada yg berdagang, pengusaha, PNS, polisi, TNI, guru/dosen, petani dan lain-lain.

Umumnya mereka suka dan kerasan tinggal menjadi warga Kalimantan Selatan, karena warga Kalsel sangat agamis dan bisa menerima pendatang sama seperti halnya urang Sunda di Jawa Barat. (MC Kalsel/Ar/toeb)