Sudinsos Jakarta Barat Pulangkan PMKS ke Daerah Asal

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 21 Maret 2017 | 11:45 WIB - Redaktur: Juli - 624


Jakarta, InfoPublik – Suku Dinas Sosial Jakarta Barat memulangkan 45 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) jalanan di DKI Jakarta yang terdiri dari gelandangan, pengemis, dan pengamen ke daerah asalnya.

Mereka merupakan hasil dari penjangkauan jalanan yang dilakukan oleh Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S).

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Barat Surya mengatakan, pemulangan tersebut rutin dilakukan agar tidak PMKS jalanan tidak semakin menjamur karena PMKS ini kerap mengganggu kenyamanan warga kota Jakarta.

“Untuk kali ini, kami pulangkan 45 orang. 24 orang ke sejumlah daerah di Jawa Barat, sementara 21 orang ke Jawa Tengah,” kata Surya di Jakarta Barat, Selasa (21/3).

Menurutnya, sebelumnya mereka sudah diberikan pembinaan di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1, Jakarta Barat. Pembinaan tersebut dilakukan untuk memotivasi mereka agar bekerja dan produktif di kampung halamannya.

Selain itu, kata dia, seluruh PMKS yang dipulangkan ke daerah asalnya, wajib membuat surat pernyataan bermaterai. Mereka membuat pernyataan agar tidak kembali menjadi PMKS jalanan di Jakarta.

Jika kedapatan kembali menjadi PMKS di Jakarta dan dijangkau petugas, mereka akan dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk diproses sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Jadi mereka menandatangani perjanjian untuk tidak akan menjadi pengemis, gelandangan, pengamen di jalanan dan lain sebagainya. Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” paparnya.

Ia menambahkan, para PMKS tersebut dipulangkan dengan menggunakan agen bus yang sudah bekerja sama dengan Suku Dinas Sosial Jakarta Barat. Salah seorang PMKS, Yohanes (22), mengaku jera menjadi pengamen di Jakarta, karena di Jakarta tidak lebih baik dari kampung halamannya. Ia bersyukur karena bisa pulang ke kampungnya di Salatiga, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Yohanes terkena penjangkauan petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan. Beberapa waktu lalu ia kedapatan sedang mengamen di Mampang, Jakarta Selatan.