PRSU Ke-46, Grosir Beras Organik Jadi Target Utama Di Paviliun Sergai

:


Oleh dishubkominfo kab serdang bedagai, Senin, 20 Maret 2017 | 14:50 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 569


Sei Rampah, InfoPublik-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-46 Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir. H.T. Erry Nuradi, M.Si di Tapian Daya Medan, Jum'at  Malam, (17/3).

Hadir bersama dengan Gubsu,  Wagubsu Nurazizah Marpaung, unsur Forkopimda Sumut, Anggota DPR RI, DPD dan DPRD Sumut, Ketua TP. PKK Ny. Evi Erry Nuradi, Sekdakab dan SKPD Provsu beserta jajarannya, Bupati dan Walikota beserta jajarannya se-Sumut, Ketua dan Badan Pengawas  Yayasan PRSU, Konsul Jenderal dan Perwakilan Negara Sahabat, mewakili Kerajaan Negeri Pulau Penang Malaysia serta para undangan.

Usai membuka PRSU, Gubsu Ir. H.T. Erry Nuradi MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa event yang ditandai dengan penekanan tombol sirene ini merupakan agenda rutin Pemprovsu dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Provsu ke-69 yang jatuh pada 15 April mendatang. 

PRSU ini merupakan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara (Sumut) dan sebagai satu-satunya Pekan Raya tingkat Provinsi yang setiap tahun secara terus menerus diselenggarakan dengan muatan potensi dan budaya daerah.

Pada PRSU tahun ini tetap diselenggarakan North Sumatera Innovation Award dengan memperebutkan Piala Gubsu yang akan diikuti oleh peserta dari berbagai elemen masyarakat antara lain Pemkab/Pemko, SMK, Perguruan Tinggi dan masyarakat umum lainnya yang memiliki komitmen kuat terhadap IPTEK dan inovasi teknologi tepat guna, kata Erry Nuradi.

Lebih lanjut dikemukakan Gubsu bahwa sebagai masyarakat Sumut kita bersyukur dan bangga dengan adanya PRSU yang mengakomodir potensi dan produk-produk daerah sehingga dapat menunjukkan keragaman serta kekayaan alam dan budaya masing-masing daerah. Ada beberapa kegiatan telah masuk kalender Kementrian pariwisata bertaraf nasional di Sumut yaitu PRSU, Pesta Danau Toba dan Ramadan Fair.

Gubsu berharap agar pelaksanan PRSU ini dapat lebih maksimal dalam pelaksanaannya sehingga benar-benar menampakkan miniatur Sumatera utara sesungguhnya. PRSU ini dibuka bukan hanya sekali dalam setahun, akan tetapi dapat sepanjang tahun.

Pemprovsu akan mendukung baik dalam fasilitas maupun pendanaan. Untuk itu Pemprovsu akan memberikan bantuannya kepada tiap Kabupaten/Kota yang berperan aktif mendukung program "Open Daily PRSU" dengan memberikan bantuan pendanaan 300 juta setahun atau 25 juta setiap bulannya, namun juga diharapkan tiap Kabupaten/Kota memasukkan dalam anggaran kabupaten/kota masing-masing untuk rencana tahu depan, ujar Erry Nuradi.

Sementara itu di Paviliun Sergai dihadiri Bupati  Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya, Kajari Sergai Jabbal Nur, SH, MH, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman dan Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM dan Ketua DPW Ny. drg. Khairani Hadi Winarno serta para Asisten, Staf Ahli Bupati dan kepala SKPD.

Usai meresmikan paviliun Sergai Bupati Soekirman mengatakan bahwa event PRSU ini sangat positif karena sebagai pusat informasi serta promosi potensi, budaya dan produk unggulan daerah.

Bupati Sergai juga menyampaikan kabar baik seperti yang diutarakan oleh Gubsu bahwa guna mewujudkan "Open Daily PRSU" setiap tahunnya penuh, Pemprovsu akan memberikan bantuan sebesar 300 juta setahun atau 25 juta per bulan. Dan ini menjadi kesempatan kita untuk memperlihatkan dan memperkenalkan hasil dan potensi alam, wisata, pertanian, perkebunan, perikanan serta lainnya agar dapat dijual dipasar lokal maupun luar daerah.

Target utama di Paviliun Sergai  akan dibuka grosir beras organik andalan Sergai dan ikan lele asap khas Sergai. "Seremonialnya membangun semangat, tidak usah banyak-banyak menampilkan produk namun berkualitas dan banyak dicari orang", pungkas Soekirman.(Mc Serdang Bedagai/Febri/eyv)