RSUD Ulin Banjarmasin Peringati Hari Ginjal Sedunia

:


Oleh MC Kalsel, Minggu, 19 Maret 2017 | 09:25 WIB - Redaktur: Tobari - 892


Banjarmasin, InfoPublik - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin bersama Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita,  dan para karyawan di RSUD Ulin Banjarmasin turut menyelenggarakan peringatan Hari Ginjal Sedunia yang dilaksanakan pada setiap bulan Maret dalam tiap tahunnya.

Menurut Direktur RSUD Ulin Banjarmasin Suciati dalam sambutannya pada pembukaan acara peringatan Hari Ginjal Sedunia, Kamis (16/3), menyampaikan bahwa di RSUD Ulin Banjarmasin saat ini memiliki 50 mesin pencuci darah dengan pembagian 3 shift, jadi rata-rata hampir 100 orang dalam setiap harinya ada pasien yang melakukan pencucian darah.

Karena pasien-pasien yang datang dari berbagai daerah seperti dari Kalimantan Tengah dan Kabupaten-kabupaten di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, maka pasien yang menunggu giliran untuk cuci darah tersebut sangat banyak.

Yaitu, mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 12.00 siang (shift pertama), puul 12.00 siang sampai pukul 17.00 sore (shift kedua), dan selanjutnya pukul 17.00 kedepan masuk dalam shift ke-3, dengan jadwal kunjungan hari Senin hingga hari Sabtu.

Namun berhubung masih banyaknya pasien yang saat ini memerlukan perawatan dengan penggunaan mesin pencuci darah, maka saat ini pihak RSUD Ulin Banjarmasin berencana untuk menambah mesin pencuci darah tersebut sebanyak 25 unit yang mungkin akan direalisasikan sekitar bulan April atau Mei 2017.

Dirinya berharap masyarakat bisa lebih menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan, tidak merokok, serta istirahat yang teratur, karena ginjal merupakan salah satu organ vital penting yang bisa dijaga dengan perilaku hidup sehat. (MC Kalsel/Ar/toeb)