Lembaga Perbankan di Gorontalo Ditantang Kembangkan Padi Organik

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 18 Maret 2017 | 06:02 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 694


Bone Bolango, InfoPublik - Bupati Bone Bolango Hamim Pou menantang lembaga perbankkan yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo untuk bisa mengembangkan padi maupun beras organik di Kabupaten Bone Bolango.

Tantangan ini diutarakan orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango tersebut pada acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk pengembangan klaster beras di Kabupaten Bone Bolango antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Gorontalo dengan Pemkab Bone Bolango yang juga melibatkan Kantor BPN Bone Bolango, Bank Sulutgo, dan Bank BRI Cabang Gorontalo, di Pondopo Bandhayo Rudis Bupati Bone Bolango, Jumat (17/3).

Bupati Bone Bolango Hamim Pou menyarankan sekaligus menantang lewat kerja sama dengan BI tersebut, para pengelola perbankan di Gorontalo bisa mendanai para petani-petani padi di Bone Bolango untuk mengembangkan padi maupun beras organik.

Sekarang ini, kata Hamim Pou beras organik itu makin tinggi permintaannya di pasar sementara produktivitasnya terbatas, tapi harganya sangat bagus yakni dua kali lipat dari harga beras biasa.

Tentu ini perlu dikembangan di Bone Bolango, apalagi kita didukung dengan ketersediaan sungai irigasi Alale dan sungai irigasi Lomaya. “Ini nantinya akan makin mempertegas bahwa Bone Bolango sebagai produsen padi atau beras organik tersebut,” ujar Bupati Hamim Pou. (MCBoneBolango/Hms/Kadir)