Pemkab Agam Akan Gelar Lomba Paralayang Internasional

:


Oleh MC Kab Agam, Jumat, 17 Maret 2017 | 17:23 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Agam, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam bekerjasama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Sumbar dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, akan menggelar Lomba Paralayang Internasional pada 5 sampai 8 Mei 2017. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Kamis (16/3), mengatakan, sebanyak 17 negara telah mendaftar sebagai peserta lomba. 

"Ini berdasarkan data yang diperoleh dari panitia pusat beberapa hari lalu. Kemungkinan jumlah negara yang mendaftar akan bertambah menjelang pelaksanaan," ujarnya. 

Atlet paralayang asal negara luar negeri yang telah mendaftar, antara lain Filipina, Malaysia, Singgapura, Vietnam, Swiss, Belanda, dan Jerman. Untuk jumlah peserta, pihaknya mengaku belum mendapatkan data dari Panitia Pusat. 

Saat ini, sebutnya pihaknya telah melakukan persiapan lokasi lepas landas di Puncak Lawang, Kecamatan Matur, dan lokasi mendarat di Bayur Kecamatan Tanjung Raya. "Lokasi take off dan landing sudah siap. Tinggal pembentukan panitia kabupaten. Pembentukan panitia ini kita targetkan dalam waktu dekat terbentuk," katanya.

Semua biaya kegiatan dan hadiah berasal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sedangkan lokasi tanggung jawab Kabupaten Agam. "Kita berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," tambahnya. 

Ia menjelaskan lomba paralayang internasional ini dalam rangka mempromosikan objek wisata di Agam, agar jumlah kunjungan wisatawan ke Agam meningkat. 

Pada 2016, jumlah kunjungan sebanyak 560.000 orang, pada 2015 sebanyak 486.000 orang dan 2014 sebanyak 443.000 orang. "Pada tahun ini, kami menargetkan jumlah kunjungan sebanyak 600.000 orang. Mudah-mudahan target ini akan tercapai nantinya," ujarnya.(mc agam/toeb)