Gaya Hidup Sehat Untuk Ginjal Sehat

:


Oleh MC Kalsel, Jumat, 17 Maret 2017 | 17:13 WIB - Redaktur: Tobari - 801


Banjarmasin, InfoPublik - Rumah Sakit Daerah Ulin (RSUD) Provinsi Kalimantan Selatan memperingati Hari Ginjal Sedunia Tahun 2017 dengan Tema “Kidney Disease And Obesity, Healthy Lifestyle For Healthy Kidney,” di Aula RSUD Ulin Banjarmasin, Kamis (16/3).

Ketua Tim PKK Prov. Kalsel Raudhatul Jannah dalam sambutanya mengatakan obesitas berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi, dua penyakit ini merupakan faktor risiko tertinggi penyakit ginjal kronik.

“Oleh karena itu peringatan Hari Ginjal se Dunia pada tahun ini berfokus pada edukasi tentang risiko obesitas dan hubungannya dengan penyakit ginjal,” ucapnya

Menurut data statistik dari WHO tahun 2014 sekitar 600 juta orang dewasa di seluruh dunia menderita obesitas dan anak-anak di bawah 5 tahun yang mempunyai berat badan berlebihan dan obesitas mencapai 41 juta orang.

“Tingginya jumlah penderita obesitas ini, menunjukkan tingginya potensi penderita penyakit ginjal kronik di masa depan,” ungkapnya

Adapaun salah satu langkah utama menghindari penyakit ini dengan  mencegah obesitas dan menurunkan berat badan. Cara yang paling efektif adalah menjalani gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur, banyak beraktivitas fisik, dan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang, mencegah stress serta melakukan instirahat yang cukup.

“Saya mengajak, mari kita bersama-sama melaksanakan gaya hidup yang sehat tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh kita termasuk kesehatan ginjal kita,” katanya (tgh/toeb)