Basaria Panjaitan : Perempuan Bisa Jadi Agen Pencegah Korupsi Paling Efektif

:


Oleh Untung S, Jumat, 17 Maret 2017 | 19:09 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 927


Makassar, InfoPublik-Wakil Ketua Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan menyatakan perempuan bisa menjadi agen pencegahan tindak pidana korupsi yang sangat efektif, untuk itu KPK berharap peran perempuan bisa lebih ditingkatkan lagi dalam berbagai lini.

Hal ini disampaikan Basaria Panjaitan saat hadir sebagai salah satu pembicara dalam acara Pelatihan Fasilitator Gerakan (ToT) Saya, Perempuan Anti Korupsi (SPAK) di lingkungan TNI AD Kodam Wirabuana di Makassar, Jum'at (17/3).

Acara ToT SPAK yang digelar untuk Korps Wanita TNI AD (Kowad), Persatuan Istri Prajurit (Persit) serta Pegawai negeri Sipil (PNS) di lingkungan KODAM Wirabuana dibuka oleh Kasdam VII Wirabuana Brigjen TNI Supartodi, diikuti sekitar 60 perempuan.

"Penguatan perempuan sebagai agen pencegahan korupsi sudah menjadi tugas KPK, namun ini harus didukung penuh oleh penegak hukum lain seperti Polri dan juga TNI," kata Basaria.

Melalui kegiatan SPAK ini, Basari menuturkan KPK sangat berharap dan menginginkan perempuan bisa bergerak mulai dari diri sendiri dan keluarganya untuk turut menggaungkan dan turut serta mencegah korupsi.

Dari catatan KPK, gerakan SPAK yang sudah memasuki tahun ketiga, kini telah memiliki agen di 34 provinsi di Indonesia yang terus bergerak melakukan aksi-aksi nyata dalam upaya cegah korupsi.